Sukses

Beauty

Kenali Bahaya Kanker Ovarium Sejak Kini

Ladies, siapa yang tidak ditakuti oleh kanker yang satu ini? Salah satu jenis kanker yang hanya menyerang kaum wanita ini menjadi penyakit yang susah sekali diobati. Nah, menurut pepatah, lebih baik mencegah daripada mengobati, maka dari itu Ladies, mari simak pembahasan kanker ovarium, demi kesehatan Anda sendiri loh.

Banyak sekali definisi mengenai kanker ovarium, namun pada umumnya, seperti yang dilansir dalam mayoclinic.com, kanker ovarium merupakan tipe kanker yang bermula di ovarium atau indung telur, yang dimiliki oleh wanita sebanyak 2 buah; masing-masing satu di sisi uterus. Tugas ovarium sebenarnya untuk menghasilkan ovum, hormon estrogen, progesteron, dan testosteron.
Kabar buruk yang beredar tentang kanker ini adalah tidak terdeteksinya kanker yang menyebar di dalam pelvis (daerah panggul) dan abdomen (daerah perut). Sehingga Ladies, saat kanker ovarium positif terdeteksi, ia sudah susah diobati hingga berakibat fatal.

Untuk itu Ladies, himbauan dari ahli medis yakni jika Anda memiliki riwayat keluarga yang memiliki kanker ovarium dan/atau kanker payudara, segera periksakan ke dokter karena Anda berpeluang pula untuk mengidapnya. Terutama, Anda harus segera periksakan jika satu atau beberapa gejala dibawah ini Anda alami.

- merasa tertekan di bagian perut, merasa kenyang, dan begah.
- nyeri pada panggul (pelvis)
- masalah pencernaan yang terus-menerus, seperti mual.
- sembelit
- semakin sering buang air kecil
- nafsu makan menurun atau cepat merasa kenyang
- lilitan di perut bertambah, atau pakaian Anda terasa semakin sempit di bagian lingkar perut
- kekurangan energi terus-menerus
- nyeri bagian bawah punggung

Tetap waspada ya, Ladies.

Kamilah

(vem/ova)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading