Sukses

Beauty

Apa Itu Anoreksia?

Memiliki tubuh langsing adalah impian setiap wanita. Setuju kan, Ladies? Tentunya, impian itu mudah terwujud bagi anda yang memang dianugerahi tubuh langsing sejak awal. Tapi bagaimana dengan yang tidak? Mereka akan berusaha mewujudkan impiannya dengan cara yang berbeda-beda.

Di antara orang-orang tersebut, ada sebagian orang yang berusaha memperoleh bentuk tubuh idaman dengan cara yang tidak sehat dan malah membahayakan. Salah satunya adalah dengan mengubah pola makan secara drastis dan tidak sehat. Nah, Ladies, inilah yang pada nantinya akan membawa dampak yang lebih serius, salah satunya adalah Anoreksia.

Anoreksia adalah kelainan dimana penderitanya berusaha menurunkan berat badan secara drastis dengan cara yang tidak sehat, seperti dengan memuntahkan makanan, mengkonsumsi obat pengurus badan, atau over-exercise.

Ladies, yang membuat anoreksia berbahaya adalah karena penderitanya tidak akan pernah merasa puas dengan bentuk tubuhnya. Mereka masih merasa diri mereka gemuk padahal kenyataannya sudah sangat kurus. Data statistik menunjukkan bahwa 1 dari 200 wanita di US menderita anoreksia.

Menurut helpguide.org, dampak dari anoreksia bermacam-macam, diantaranya depresi, lesu, daya ingat menurun, kulit kering dan menguning, konstipasi dan kembung, kerusakan pada gigi dan gusi, pusing, pingsan, dan tumbuh rambut halus disekujur tubuh dan wajah.

Ladies, anoreksia dapat diobati dengan pengobatan tertentu, dan yang paling dibutuhkan oleh penderita anoreksia adalah dukungan dari orang-orang disekitarnya. Tapi, seringkali penderita anoreksia tidak sadar atau bahkan menolak kalau dirinya menderita anoreksia.

So, be aware, Ladies. Apabila anda melihat tanda-tanda anoreksia pada diri anda maupun orang-orang terdekat, jangan ragu untuk segera periksakan ke dokter.

Oleh: Asizah

(vem/rsk)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading