Sukses

Beauty

Fakta yang Wajib Diketahui Wanita Tentang Kanker Ovarium I

Pernahkah Anda mendengar tentang kanker ovarium? Kabarnya kanker ini adalah kanker ganas yang telah membunuh banyak wanita di dunia lho. Benarkah?

Dilansir dari livescience.com, kanker ovarium merupakan penyakit ke-5 yang paling sering dialami wanita. Penyakit ini termasuk penyakit paling berbahaya jika dibandingkan dengan penyakit-penyakit wanita lainnya.

Supaya lebih mengenal kanker ovarium, yuk kita simak fakta-fakta lainnya tentang kanker ini!

1. Kanker ovarium jarang terjadi.
Kanker ovarium terjadi pada 1 dari 72 wanita di dunia. Anehnya, kanker ini lebih sering terjadi pada wanita berkulit putih dari pada wanita dengan ras lainnya.

2. risiko kanker ovarium.
Jika keluarga Anda memiliki penyakit kanker ovarium, maka Anda berisiko akan mengalami hal yang sama. Menurut NCI, wanita yang memiliki saudara terdekat dengan penyakit ini risikonya bisa meningkat 3 kali lipat.

3. Frekuensi Ovulasi.
Menurut penelitian terakhir di Fakultas Kedokteran Harvard University, frekuensi ovulasi wanita berhubungan dengan tingginya risiko seseorang terkena kanker ovarium. Faktanya, jenis kanker ovarium yang paling berbahaya bernama kanker serous sebenarnya diawali ketika sel kanker berada di tuba falopi, bukan di ovarium sendiri.

Dari sini dapat disimpulkan bahwa kehamilan, menyusui, dan pil pengontrol kehamilan dapat menurunkan risiko terkena kanker ovarium karena dapat menunda ovulasi.

Oleh: Kustin Ayuwuragil D.

(vem/rsk)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading