Sukses

Beauty

Mengenali Perilaku Makan Penderita Anoreksia

Ladies, pernahkah Anda mendengar penyakit yang satu ini? Anoreksia merupakan kondisi dimana seseorang memiliki ketakutan berlebih akan kegemukan. Oleh karena itu, penderita anoreksia akan menjalani diet di luar kendali.

Percaya atau tidak, anoreksia bukan hanya sekedar tentang makanan dan berat badan, namun lebih kepada gangguan mental yang berpengaruh pada gangguan makan yang disebabkan karena depresi, kesepian, perasaan tidak aman, dan tekanan untuk memiliki bentuk tubuh yang sempurna. Berikut ini 5 gejala perilaku makan penderita anoreksia versi helpguide.org:

1. Menjalani diet meskipun sudah kurus
Penderita anoreksia selalu menganggap bahwa dirinya gemuk. Untuk itu, mereka menjalani diet terlarang dengan ketat. Mereka sama sekali tidak mengonsumsi kardohidrat maupun lemak.

2. Terobsesi dengan jumlah kalori, lemak dan nutrisi dalam makanan
Karena tidak ingin berat badan mereka naik, penderita anoreksia selalu membaca tabel informasi gizi, membatasi porsi makan yang berlebihan, dan sering membaca buku diet.

3. Pura-pura makan
Penderita anoreksia selalu berkilah untuk menghindari makanan. Mereka bahkan tidak segan membuang makanan mereka.

4. Obsesi berlebih terhadap makanan
Mengonsumsi sedikit makanan membuat penderita anoreksia melampiaskan obsesi makan mereka dengan mengoleksi buku-buku resep masakan, membaca majalah tentang makanan atau membuatkan makanan untuk orang lain.

5. Berperilaku aneh pada makanan
Penderita anoreksia suka bermain-main dengan makanan mereka, seperti misalnya memotong-motong makanan, mengunyah lalu membuang makanan tanpa ditelan, dll. Oleh karena itu mereka selalu menghindar jika diajak makan bersama di tempat umum.

Ladies, jangan sampai Anda terkena anoreksia ya. Tanamkan dalam pikiran bahwa cantik itu tidak hanya dari luar, melainkan dari dalam diri Anda.

Oleh: Lely Tri W.

(vem/rsk)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading