Sukses

Beauty

Herpes, Penyakit Kelamin Yang Sangat Menular

Ladies, sering dengar tentang nyereminnya Herpes? Wah, jangan cuma tahu seremnya aja, dong. Anda juga perlu tahu apa sih Herpes itu. Bagaimana Herpes menular? Bahaya nggak sih kalau kita terjangkit tuh penyakit? Nah, berikut ini akan kita bahas semua pertanyaan itu, berdasarkan kutipan dari medicalnewstoday.com.

Herpes adalah penyakit muncul yang dikarenakan virus bernama HSV (Herpes Simplex Virus). Virus ini menyerang kelamin, serviks, dan tak luput juga kulit di bagian mana saja dari tubuh. Ada 2 jenis virus HSV: a) HSVp1 dan b) HSV-2.

Herpes merupakan wujud dari kondisi yang kronis, yang parahnya lagi, kebanyakan orang tidak mengalami gejala apapun meskipun mereka terbukti terjangkit virus tersebut. Banyak orang yang memiliki virus HSV malah menjadi berpenyakit herpes genital. Dan, sekali seseorang terkena, ia akan lebih mudah terjangkit untuk kesekian kalinya.

Virus HSV, menurut para ahli medis sangat mudah menular. Virusnya menyebar dari satu orang ke yang lainnya dengan kontak langsung, atau hal yang paling mudah menularkan virus ini adalah dengan vaginal, anal, atau oral seks. Ketika seseorang terjangkit HSV, maka si virus umumnya akan ‘tertidur’ dan bisa aktif kembali di kemudian waktu.

Sekali lagi perlu diulang, Ladies. Gejala-gejala HSV sangat jarang muncul. Kalau yang sudah positif divonis dokter terjangkit HSV saja nggak ngerasa gejala apapun, bagaimana yang belum tahu? Kalau Ladies ragu-ragu, jangan tunda untuk datang ke dokter.

Oleh: Kamilah

(vem/rsk)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading