Sukses

Beauty

Membuat Sekolah Lebih Tidak Menakutkan untuk Anak

Seringkali, anak tidak mau berangkat sekolah. Berikut beberapa hal ketakutan yang dimiliki anak ketika harus bersekolah dan bagaimana mengatasinya menurut parents.com:

1. Takut akan merindukan ibu
Hal terberat yang drasakan anak-anak adalah ketika dia harus dipisah semua hal yang famliar, khususnya ibu. Tinggalkan anak anda di sekolah dengan senyum di wajahnya dan melihat anda tersenyum.

2. Takut akan mengalami kecelakaan
Jika anak anda menunjukkan ketakutan terhadap kamar mandi, cari tau mengapa. Bicarakan ketakutannya dan diskusikan strategi untuk mengatasinya.

3. Takut akan tersesat di gedung yang besar
Beri petunjuk visual kepada anak tentang sekolahnya agar dia tau arah dan ruangan didalamnya. Tunjukkan dimana letak toilet, perpustakaan, kantin, dan beberapa ruangan lain yang akan dia gunakan.

4. Takut tidak bisa menghisap jempol atau membawa mainan kesayangan
Membawa mainan atau selimut kesayangan di preschool mungkin akan diperbolehkan. Tetapi bila sudah memasuki TK, sepertinya sulit untuk dilakukan lagi. Biasakan anak sejak preschool untuk meletakkan mainannya ketika dia sekolah, dan berikan kembali setelah pulang, semakin lama dia akan terbiasa.

Tetapi untuk kebiasaan menghisap jempol, mungkin akan sulit dihentikan karena jempol tidak bisa ditinggal di laci. Tetapi jangan khawatir, kebiasaan itu akan berkurang dengan sendirinya ketika dia sibuk dengan aktifitas sekolah.

5. Takut gurunya akan galak
Perkenalkan anak kepada guru sebelum sekolah dimulai. Beritahukan kepada anak tentang peraturan kelas, bila anak mematuhi peraturan, dia tidak akan dihukum.

Handayani Rahayuningsih

(vem/ova)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading