Sukses

Beauty

Hal-hal Yang Menyebabkan Penyakit Lupus

Penyakit yang satu ini bisa dibilang sebagai penyakit yang unik, Ladies. Lupus tidak memiliki gejala tersendiri yang membuat para dokter kesulitan untuk mendiagnosis pasiennya. Jika gejalanya sulit ditebak, bagaimana dengan penyebabnya ya, Ladies? Temukan jawabannya dalam ulasan berikut.

Dilansir dari situs lupus.org, berikut adalah beberapa hal yang dapat menyebabkan penyakit lupus:

Faktor Genetik
Sebenarnya belum ada penelitian yang mendukung hal ini, Ladies. Namun dalam beberapa kasus, ditemukan bahwa lupus diidap oleh beberapa keluarga. Selain itu, dua orang yang kembar identik, juga cenderung mengidap penyakit ini. Dari situlah, Ladies, para ahli memperkirakan faktor genetik sebagai penyebab lupus.

Lingkungan
Jika seseorang memiliki faktor genetik yang berpeluang menyebabkan lupus, penyakit tersebut akan semakin berkembang jika sang penderita berada di lingkungan yang mendukung, Ladies. Lingkungan yang mendukung bertumbuhnya penyakit ini adalah lingkungan yang membuat penderitanya sering terkena cahaya matahari langsung.

Hormon
Hormon yang ternyata dapat mempengaruhi penyakit lupus adalah hormon seksual yaitu estrogen. Sebagian besar pengidap lupus adalah wanita, Ladies, terutama saat mereka menstruasi karena hormon estrogen mereka sedang meningkat.

Pria dan wanita sebenarnya sama-sama memiliki hormon estrogen, namun wanita memiliki hormon tersebut lebih banyak. Tapi bukan berarti estrogen adalah penyebab lupus ya, Ladies, hanya memang dapat memperngaruhi.

Nah, ternyata untuk penyebabnya pun masih belum dapat benar-benar dipastikan ya, Ladies, untuk lupus ini. Untuk menjaga diri dari lupus, ada baiknya kita menjalani hidup sehat dan rajin kontrol ke dokter, ya.

Tulus W

(vem/ova)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

  • Lupus merupakan penyakit peradangan kronik yang terjadi karena sistem daya tahan tubuh seseorang menyerang sel dan jaringan tubuhnya sendiri

    Lupus

Loading