Sukses

Beauty

Siapa Bilang Lupus Menghambat Hidup Anda?

Jikapun sebuah penyakit tidak dapat sembuh total, pasti selalu ada cara untuk memperkecil resikonya. Seperti halnya lupus, yang dinyatakan para dokter ahli sebagai momok untuk para wanita pada usia reproduksi aktif. Jangan berkecil hati! Berikut ini ada beberapa tips agar lupus tidak mengurangi kualitas hidup Anda, menurut lupusresearchinstitute.org.

1. Berkonsultasilah dengan satu dokter ahli penyakit lupus
Anda tidak disarankan untuk berganti-ganti dokter dalam penanganan penyakit lupus. Mengapa? Karena gejala dan kondisi setiap orang yang terkena lupus berbeda-beda. Pilih satu dokter ahli – rheumatologis – sehingga Anda bisa mendapatkan pengobatan yang maksimal.
2. Pikirkan dengan matang kondisi Anda di tempat kerja
Anda mungkin akan menghadapi perubahan jadwal harian dengan janji berkonsultasi dengan dokter atau saat sakit menyerang. Pikirkan matang-matang sebelum Anda memutuskan untuk memberitahu atasan Anda tentang kesehatan Anda ini. Jika memang betul-betul perlu, barulah Anda dapat menginformasikannya kepada atasan.
3. Tidak pengobatan yang mudah; Anda harus tangguh
Obat yang umum diresepkan untuk penderita lupus adalah prednisone. Obat ini memang ampuh mencegah inflamasi dan komplikasi pada lupus, namun efek sampingnya bisa ‘menjengkelkan’ seperti ketidakstabilan emosi, meningkatnya nafsu makan dan wajah terlihat tembem.
4. Mengerti diri Anda sendiri
Perbaiki pola hidup Anda. Beralihlah ke pola makan yang sehat, dan istirahat serta olahraga yang cukup.
5. Jangan menarik diri dari lingkungan Anda
Anda tidak sendiri, banyak orang di luar sana yang menderita lupus. Orang-orang terdekat Anda tidak akan lantas berhenti mencintai Anda hanya karena Anda menderita lupus. Kehadiran mereka akan menguatkan Anda secara lahir dan batin.

Mazhi

(vem/ova)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

  • Lupus merupakan penyakit peradangan kronik yang terjadi karena sistem daya tahan tubuh seseorang menyerang sel dan jaringan tubuhnya sendiri

    Lupus

What's On Fimela
Loading