Sukses

Beauty

5 Jenis Kanker Kulit

Ladies, perlu diketahui bahwa setiap orang beresiko menderita kanker kulit. Kanker kulit adalah pertumbuhan sel yang tidak normal di jaringan kulit, umumnya karena banyak tersengat terik matahari atau dampak radiasi ultraviolet (UV).

Dijelaskan pada situs dermatology.ucsf.edu, kanker kulit biasanya tumbuh di epidermis (lapisan paling luar kulit) sehingga kanker kulit merupakan kanker yang stadium awalnya paling mudah dideteksi. Kanker jenis ini lebih banyak menyerang kulit putih dibandingkan kulit berwarna. Ada 4 jenis penyakit kanker kulit, yaitu:

1. Melanoma.
Jenis ini paling mematikan dan dapat menyebar dengan cepat di seluruh tubuh. Ditandai denga munculnya titik-titik baru seperti tahi lalat atau titik lama yang mengalami perubahan bentuk, ukuran dan warna.

2. Nodular Melanoma.
Jenis ini berkembang dengan cepat, tetapi kenampakannya berbeda dengan Melanoma pada umumnya. Titik yang terbentuk pada kulit berstruktur keras dan tak lama kemudian akan berdarah dan berkerak.

3. Melanoma Maligna.
Jenis ini berasal dari sel-sel melanosit (sel penghasil pigmen), dan yang paling ganas dan sangat mudah menyebar ke bagian tubuh. Sebagian besar kasus ini tumbuh dari tahi lalat yang berpigmen.

4. Basal Cell Carcinoma.
Jenis kanker yang berasal dari lapisan epidermis paling bawah. Gejalanya timbul benjolan yang sangat sulit untuk disembuhkan, benjolan tersebut berwarna agak mengilat dan bagian tepinya berwarna agak kemerahan.

5. Squamous Cell Carcinoma.
Jenis terakhir ini banyak diderita pada usia 50 tahun ke atas, yang berasal dari lapisan tengah epidermis. Gejalanya antara lain berawal dari daerah kemerahan yang bersisik dengan permukaan berkeropeng yang sulit sembuh. Lalu, tumbuh benjolan yang kadang permukaannya menyerupai kutil hingga ahirnya kanker.

Ismaya Indri Astuti

(vem/ova)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading