Sukses

Beauty

Obesitas dan BMI

Ladies, setiap dari kita membutuhkan lemak untuk sumber energi dan pengatur suhu tubuh. Tapi, terlalu banyak lemak dalam tubuh justru akan mengganggu kesehatan, atau biasa disebut obesitas.

Seperti dilansir who.int, obesitas didefinisikan sebagai suatu keadaan dimana timbunan lemak dalam tubuh terlalu banyak, sehingga dapat merusak kesehatan tubuh. Apakah seseorang mengalami obesitas atau tidak, tergantung pada total BMI (Body Mass Index)-nya.

Nah, bagaimana cara menghitung BMI Anda? caranya mudah, Ladies, Anda cukup membagi berat badan Anda (dalam kilogram) dengan kuadrat dari tinggi Anda (dalam meter). Ini rumusnya:

BMI = berat (kg)/ {Tinggi (m)}2

Misalnya, berat badan Anda 72 kg, tinggi 1,5 m, maka BMI Anda adalah 72/(1,5)2= 32 kg/m2

Apabila jumlah BMI Anda lebih dari atau sama dengan 30 kg/m2 , maka Anda mengalami obesitas.

Ketentuannya adalah seperti ini, Ladies,

BMI (kg/m2) Klasifikasi

18,5-24,9 normal

25,0-29,0 Kelebihan berat badan

> 30,0 obesitas

Ladies, memiliki jumlah BMI yang tinggi, dapat mengundang berbagai penyakit membahayakan, seperti serangan jantung, stroke, diabetes, hipertensi, osteoarthritis, Tidur apneu (kegagalan untuk bernapas secara normal ketika sedang tidur, menyebabkan berkurangnya kadar oksigen dalam darah) dan kanker (prostat, payudara, dan usus besar).

Nah, Ladies, bagi Anda yang jumlah BMI nya mendekati obesitas atau sudah obesitas, hati-hati, ya. Sebisa mungkin jalani diet sehat, olahraga secara teratur, dan konsultasikan dengan dokter Anda.

Oleh: Asizah

(vem/rsk)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading