Sukses

Beauty

Faktor-Faktor Penyebab Obesitas

Ladies, obesitas adalah kelebihan berat badan sebagai akibat dari penimbunan lemak tubuh yang berlebihan, sehingga BB seseorang jauh diatas normal dan dapat membahayakan kesehatan.

Pada situs news-medical.net, dijelaskan bahwa seseorang yang menderita obesitas memiliki permukaan tubuh yang relatif lebih sempit dibandingkan dengan berat badannya, sehingga panas tubuh tidak dapat dibuang secara efisien dan mengeluarkan keringat yang lebih banyak. Nah, berikut ada beberapa faktor penyebab obesitas, yaitu:

1. Faktor Makanan
Zat gizi makro (Karbohidrat, proyeni, lemak) yang menyebabkan kegemukan bila dimakan secara berlebihan, zat gizi ini akan disimpan dalam bentuk lemak tubuh dan akan meningkatkan berat badan secara keseluruhan.

2. Faktor Genetik
Obesitas cenderung diturunkan, sehingga diduga menjadi penyebab genetik.

3. Faktor Hormon
Hormon tyroid dalam tubuh akibat menurunya fungsi kelenjar tyroid akan mempengaruhi metabolisme dimana kemampuan menggunakan energi akan berkurang.

4. Faktor Kesehatan
Beberapa penyakit bisa menyebabkan obesitas, seperti Hipotiroidisme, Sindroma Cushing, dan Sindroma Prader-Willi.

5. Faktor Fisik
Kurangnya aktivitas fisik kemungkinan merupakan salah satu penyebab utama dari meningkatnya angka kejadian obesitas di tengah masyarakat yang makmur.

6. Aktivitas Psikis
Apa yang ada di dalam pikiran seseorang bisa mempengaruhi kebiasaan makannya. Banyak orang yang memberikan reaksi terhadap emosinya dengan makan.

7. Gaya Hidup
Kemajuan sosial ekonomi, teknologi dan informasi yang global telah menyebabkan perubahan gaya hidup yang meliputi pola pikir dan sikap, yang terlihat dari pola kebiasaan makan dan beraktifitas fisik.

8. Pemakaian Obat-obatan
Efek samping beberapa obat dapat menyebabkan meningkatnya berat badan, misalnya obat kontrasepsi.


Ismaya Indri Astuti

(vem/ova)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading