Sukses

Beauty

Penyakit Herpes, Seperti Apa?

Ladies, jika ada teman Anda atau kerabat dekat Anda yang bercerita bahwa dia terjangkit penyakit herpes, jangan terlalu cepat menuduhnya sebagai orang “nakal” ya, karena tidak selalu penyakit herpes ini menular melalui hubungan seksual saja.

Ladies, wikipedia.org menyebutkan bahwa penyakit herpes memiliki dua macam jenis dan keduanya ini menyebabkan penyakit pada manusia. Penyakit herpes ini disebabkan oleh virus, dan bisa menular pada siapa saja.

Jenis virus herpes ada dua, yang pertama adalah herpes tipe 1 atau bisa disebut dengan HSV-1. Herpes tipe 1 ini akan menyerang bagian mulut, tenggorokan, wajah, mata, dan juga bisa menyerang sistema syaraf pusat.

Herpes tipe 2 atau HSV-2, ini adalah jenis kedua dari penyakit herpes. Nah, penyakit herpes tipe kedua inilah yang menyerang bagian kelamin. Virus dari HSV-2 ini yang menular melalui hubungan seksual.

Penyakit herpes genital dan herpes kulit merupakan penyakit herpes yang paling sering muncul pada kasus seseorang menderita herpes. Penyakit herpes kulit ini menyerang bagian kutikula jari atau jempol kaki dan bagian tangan. Penyakit ini mudah sekali menyebar ke bagian wajah, telinga, dan tenggorokan melalui kontak langsung dengan jari.

Penderita herpes kulit ini masih memiliki kesempatan untuk sembuh, namun membutuhkan waktu yang lama, sekitar sembilan bulan berturut-turut. Jika penderita herpes lupa meminum obat pada masa penyembuhan, maka dia harus mengulang lagi pengobatan herpes dari awal.

Sebenarnya masih banyak bagian tubuh yang bisa terserang herpes, namun kebanyakan yang terangkat ke media hanyalah penyakit herpes genital, sehingga muncul stigma buruk di masyarakat bahwa penderita herpes itu termasuk orang yang “nakal”.

Dimas Galih Wijaya

(vem/ova)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading