Sukses

Beauty

Hubungan Penyakit Lupus dan Gagal Ginjal

Ladies, berikut adalah ulasan tentang bagaimana hubungan antara lupus dan gagal ginjal seperti dilansir oleh mayoclinic.com dan kidney.org.

Ladies, lebih dari separuh orang yang mengidap lupus memiliki systemic lupus erythematosus atau (SLE) yang menyebabkan pembengkakan pada ginjal atau dikenal dengan istilah lupus nephritis. Ladies, yang lebih parah adalah bahwa pembengkakan ini akan mengarah ke gagal ginjal.

Lebih jauh, mayoclinic.com melansir bahwa ketika lupus nephritis ini menyebabkan pembengkakan ginjal, gejala yang timbul adalah meningkatnya kadar protein di urin, meningkatnya jumlah kreatinin di dalam darah, memicu tekanan darah tinggi, dan adanya pembengkakan pada betis dan telapak kaki.

Menurut sumber lain yakni situs kidney.org, proses lupus menyebabkan gagal ginjal adalah ketika lupus ini merusak glomeruli pada ginjal yakni bagian yang berfungsi menyaring darah. Karena bagian ini berfungsi menyaring darah, kerusakan pada bagian ini dapat menyebabkan kerja ginjal lemah atau bahkan rusak. Situs kidney.org lebih jauh melansir bahwa lebih dari 90 % pasien lupus mengalami masalah ginjal namun hanya 2 hingga 3 persennya saja yang mengalami gagal ginjal.

Penyakit ginjal yang disebabkan oleh lupus ini dilansir oleh kidsney.org memang asymptomatic dimana gejalanya seperti tekanan darah tinggi jarang membuat pasien lupus khawatir. Namun apabila ada gejalan lain seperti warna urin yang berubah menjadi gelap, naiknya berat badan karena pembengkakan di kaki berisi cairan, dan pembengkakan di sekitar mata terjadi, anda harus segera memeriksakan diri ke dokter.

Nastiti Primadyastuti

(vem/ova)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

  • Lupus merupakan penyakit peradangan kronik yang terjadi karena sistem daya tahan tubuh seseorang menyerang sel dan jaringan tubuhnya sendiri

    Lupus

  • Jakarta adalah Ibu Kota Republik Indonesia.
    Jakarta adalah Ibu Kota Republik Indonesia.

    Jakarta

Loading