Sukses

Beauty

Menu Sehat untuk Penderita Diabetes Tipe I

Ladies, tahukah Anda bahwa penyakit diabetes adalah salah satu penyakit yang membutuhkan perawatan seumur hidup dan tidak ada pengobatan yang pasti untuk menyembuhkannya. Penyakit diabetes ada 2 tipe, yaitu Diabetes tipe I dan Diabetes tipe II. Meskipun sama-sama berhubungan dengan penyakita gula didalam darah, diabetes tipe I dan II mempunyai perbedaan.

Menurut situs diabetes.org.uk, menjelaskan bahwa diabetes tipe I didalam tubuh penderita tidak memiliki insulin dan sel beta dalam pankreas gagal memproduksi insulin. Diabetes tipe I lebih banyak menyerang pasien dibawah umur 20 tahun.

Nah, berikut ada tips diet sehat bagi penderita diabetes tipe I, diantaranya:

1. Makan Makanan yang Kaya Serat
Konsumsi kacang-kacangan, sayur dan buah yang kaya akan serat. Anda harus mengonsumsi setidaknya 40mg serat perhari.

2. Fokus pada 4 Kelompok Makanan
Pilih 4 kelompok makanan, seperti gandum, sayur dan buah. Gunakan beberapa tambahan yang mengandung sedikit lemak, kacang-kacangan misalnya tapi dalam jumlah yang sedikit.

3. Menu ala Vegetarian
Vegetarian tidak mengonsumsi produk hewani sama sekali. Jadi, semua protein yang dibutuhkan oleh tubuh bisa didapatkan dari gandum dan sayuran.

4. Hindari Makanan Berlemak dan Berminyak
Batasi mengonsumsi mentega, minyak sayur, alpukat, dll. Sebab minyak dan lemak mengandung kalori yang cukup tinggi, dibandingkan dengan karbohidrat.

Para ahli gizi memprediksi dalam kurun waktu 20-30 tahun mendatang akan terjadi lonjakan jumlah penderita diabetes di dunia. Jika biasanya diabetes sebagian besar menyerang lansia, maka dalam 2 dekade mendatang akan menyerang orang dewasa bahkan anak-anak. Hal tersebut dikarenakan pola makan yang tidak tepat dan kurangnya kesadaran masyarakat akan pola hidup yang sehat.

Oleh: Ismaya Indri Astuti

(vem/rsk)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading