Sukses

Beauty

Binge Eating: Apa Gejalanya?

Ladies, binge eating bisa mempengaruhi kesehatan tubuh Anda, termasuk berat badan. Sebagian besar penderita binge eating mengalami overweight dan bahkan obesitas. Dan seperti yang kita tau, obesitas dapat memicu munculnya berbagai penyakit berbahaya seperti diabetes, stroke, penyakit jantung, dll.

Seperti dilansir helpguide.org, gejala binge eating dapat muncul melalui dua hal, yaitu perilaku dan emosi.

Gejala dalam perilaku akan ditunjukkan melalui, ketidakmampuan diri untuk mengontrol dan berhenti ketika makan, memakan makanan porsi besar dalam waktu singkat, menyembunyikan makanan untuk dimakan secara diam-diam, makan secara normal ketika sedang bersama orang lain namun akan menjadi ‘rakus’ ketika sudah sendirian, serta memiliki pola makan yang tidak teratur.

Sedangkan gejala emosi antara lain, merasa stress atau tertekan yang hanya bisa diatasi dengan makan, merasa malu dengan pola makannya sendiri, tidak memperdulikan apapun ketika sedang makan, tidak pernah merasa puas sebanyak apapun yang sudah dimakan, merasa bersalah, depresi, dan kecewa setelah makan, serta merasa tidak kuasa mengontrol pola makan dan berat badannya.

Nah, Ladies, apakah Anda salah satu dari mereka? Silahkan cek diri Anda dengan menanyakan pertanyaan berikut. Dan apabila sebagian besar jawaban Ladies adalah ‘iya’, maka ada kemungkinan Anda menderita binge eating.

• Apakah Anda merasa lepas kendali ketika makan?

• Apakah Anda berfikir tentang makanan sepanjang waktu?

• Apakah Anda makan secara sembunyi-sembunyi?

• Apakah Anda makan untuk melampiaskan rasa cemas, stress, dan depresi?

• Apakah Anda merasa bersalah atau malu setelah makan?

• Apakah Anda merasa tidak berdaya untuk berhenti, walaupun Anda sangat menginginkannya?

Oleh: Asizah

(vem/rsk)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading