Sukses

Beauty

Pahami Penyebab Obesitas Pada Usia Muda

Ladies, obesitas merupakan masalah kompleks dengan penyebab multifaktorial. Oleh kebanyakan orang, obesitas diidentikan dengan kelebihan berat badan atau kegemukan. Padahal dijelaskan pada situs mayoclinic.com, obesitas didefinisikan memiliki kelebihan lemak dalam tubuh, sehingga meningkatkan resiko penyakit lainnya. Gejalanya bisa berupa berat badan berlebihan, tidur mendengkur, berkeringat secara berlebiha, sulit bernapas, sering ngantuk dan lelah, nyeri punggung, selalu merasa panas, dan adanya infeksi pada lipatan kulit.

Jika dulu penyakit ini hanya mengintai pria dewasa yang telah lanjut usia, namun kini obesitas bisa dengan mudahnya menjangkit segala usia, remaja, anak-anak hingga usia dewasa. Nah, berikut penyebab obesitas pada usia muda, diantaranya:

1. Penyakit

Pada kondisi tertentu seperti Hipotiroidisme, depresi dan beberapa penyakit otak yang bisa membuat orang makan berlebihan.

2. Umur

Sejalan bertambahnya usi, tubuh memetabolisme makanan lebih perlahan, sehingga pengeluaran kalori juga rendah.

3. Genetika

Obesitas mungkin terjadi karena beberapa faktor keturunan, yang diwariskan dari satu generasi ke generasi berikutnya.

4. Gender

Wanita tampaknya cenderung lebih mudah terkena obesitas daripada pria.

5. Obat

Beberapa jenis obat tertentu dapat menyebabkan kenaikan berat badan, seperti obat depresi.

6. Alasan Psikologis

Orang-orang yang mengalami emosi negatif seperti kebosanan, kesedihan atau kemarahan cenderung makan secara berlebihan. Sehingga akan meningkatkan resiko gemuk.

7. Gaya hidup

Gaya hidup tanpa banyak gerak menjadi salah satu penyebabanya. Hal tersebut terjadi karena asupan makan yang melebihi kebutuhan yang tidak diimbangi dengan aktivitas yang cukup.

Oleh: Ismaya Indri Astuti

(vem/rsk)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading