Sukses

Beauty

Berhentilah Merokok Untuk Mengurangi Risiko Kanker Serviks

Ladies patut waspada terhadap kanker serviks. Kanker ini termasuk pembunuh wanita yang paling berbahaya di dunia. Ladies wajib untuk mengetahui penyebab kanker ini. Kanker serviks umumnya disebabkan oleh virus HPV atau Human Papiloma Virus. Tapi, ternyata ada faktor pendukung lain selain HPV.

Penyebab itu adalah rokok beserta asapnya. Rokok memang dikenal sebagai penyebab dari berbagai macam penyakit. Dilansir dari everydayhealth.com, wanita yang merokok dan yang sering menghirup asap rokok memiliki kemungkinan terkena kanker serviks 3 kali lebih besar daripada wanita yang tidak pernah bersentuhan dengan rokok.

Rokok memang bukanlah penyebab langsung, tapi kombinasinya dengan virus HPV membuat resiko kanker meningkat. Diduga rokok berpengaruh dengan cara:
1. Asap mencegah sistem imun untuk melawan virus HPV.
2. Zat yang bersifat karsinogen pada rokok membuat aktivitas virus HPV di serviks meningkat.
3. Karsinogen dapat membuat virus HPV bergerak lebih cepat menuju sel serviks.

Sistem imun adalah hal yang paling terpengaruh oleh asap rokok. Banyak orang yang tidak menyadari bahaya rokok dan dapat menghabiskan rokok lebih dari 10 batang atau 1 kotak per hari. Sebisa mungkin, Ladies harus menghindari rokok dan menjauhi orang yang merokok untuk meminimalisir resiko. Ladies juga disarankan untuk melakukan Pap smears rutin, tidak melakukan seks bebas, serta makan makanan bergizi.

Oleh: Muhammad Faris

(vem/rsk)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading