Sukses

Beauty

Faktor Penyebab Infeksi Vagina

Vagina memang memiliki kondisi yang sangat berbeda dengan organ-organ lainnya. Tempatnya yang tersembunyi sekaligus sebagai terminal keluar masuk berbagai macam cairan dan zat tubuh, menjadi tempat yang sangat disukai oleh bakteri. Ditambah lagi dengan kondisi PH yang sempurna untuk mereka hidup.

Akan tetapi, ada satu hal yang sangat perlu diketahui dari bakteri-bakteri ini. Mereka sebenarnya alami dan biasa hidup di ruang lingkup vagina. Mereka tumbuh dan berkembang di sana, buka sebagai pembuat penyakit. Malah mereka menjadi penyeimbang Ph dan membantu Anda dalam mempertahankan diri dari infeksi.

Secara umum, bupa.com.au menyatakan mereka tidak akan menyerang inangnya, atau tubuh dimana mereka tinggal. Tapi keadaan bisa saja berubah dan berbalik. Mereka bisa menjadi ganas dan menyerang Anda. Penyebabnya bisa karena beberapa faktor.
Beberapa contoh yang bisa diketahui seperti faktor hormonal, stress, atau bahkan karena sabun yang dipergunakan untuk kebersihan vagina.

Beberapa titik khusus seperti yang biasa disebut tampon atau pembalut. Selama menstruasi, inilah saat berbahaya dan saat bakteri tumbuh dan berkembang dengan pesat. Kebersihan adalah kuncinya. Mereka sangat aktif bergerak dan menyerang. Jika dalam keadaan parah, penyakit yang muncul karena infeksi ini bisa berupa toxic shock syndrome.

Meskipun secara ilmiah, toxic shock syndrome ini dibuktikan tidak sering terjadi, sepertinya tidak akan ada salahnya jika cukup berhati-hati. Selain itu ada satu lagi yang perlu juga dimengerti bahwa infeksi bisa terjadi karena aktevitas seks. Dalam hal ini, memiliki kecenderungan untuk mneyebar kepada orang lain atau disebut STIs (Sexually Transmitted Infections) .

Oleh: Nurrohman Sidiq

(vem/rsk)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading