Sukses

Beauty

Mitos Kerontokan Rambut dan Kebotakan (Part I)

Ladies, kebotakan ternyata merupakan momok bagi setiap manusia di muka bumi ini. Ternyata ada banyak sekali mitos mengenai rambut rontok. Berikut adalah beberapa mitos itu, seperti yang dipaparkan di webmd.boots.com.

1. Rambut rontok didapat dari gen ibu --- Salah satu penyebab rambut rontok adalah faktor genetik, namun faktor itu bisa didapat dari garis keturunan ibu maupun ayah, ataupun keduanya.

2. Sering ejakulasi sebabkan kebotakan --- Walaupun banyak yang percaya, namun belum ada penelitian yang membuktikan bahwa ejakulasi menyebabkan kerontokan rambut.

3. Kebotakan bisa disembuhkan dengan keramas menggunakan air dingin --- Keramas dengan air dingin mampu memperlancar alirah darah di kulit kepala, namun tidak member efek apa-apa pada kebotakan.

4. Rambut rontok tiap hari positif sebabkan kebotakan --- Setiap hari rambut kita rontok sebanyak 100 helai, dan itu adalah hal yang normal. Namun bila kerontokan membentuk pola, maka Anda menjelang kebotakan.

5. Rambut rontok mulai pada umur 30 tahun --- Jumlah rambut rontok dan kebotakan berjalan berjalan seiring dengan perkembangan waktu; semakin tua semakin banyak rontok.

6. Produk kesehatan rambut malah bikin rambut rontok --- Tidak benar, Anda bisa memakai minyak rambut, shampo, dan spray rambut sesuai kebutuhan Anda.

7. Memakai topi dalam waktu lama bikin botak --- tidak benar, kecuali topi Anda sangat ketat (baca: kekecilan) sehingga menyebabkan kepala dan rambut Anda tertekan, dan Anda gunakan seminggu berturut-turut.

8. Memijat kulit kepala mengurangi kerontokan --- sirkulasi darah tidak berhubungan dengan kerontokan rambut, tetapi terlalu banyak menyisir atau memijat bisa membuat kulit kepala rusak, yang mengakibatkan kerontokan.

Oleh: Nastiti Primadyastuti

(vem/rsk)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading