Sukses

Beauty

Inggris Pertama Kali Belajar Operasi Plastik Dari India

Operasi plastik sudah menjadi tren di dunia, apalagi setelah budaya k-pop melanda. Kembali ke masa lampau, ternyata perkembangan operasi plastik yang kita kenal sekarang ini berawal dari sebuah hal sederhana yang terjadi di zaman India kuno.

Sebelum orang Korea menguasai "dunia operasi plastik" Inggrislah negara pertama yang mengenalkannya ke dunia luar. Konon katanya, seorang petugas Inggris merasa aneh dengan bentuk hidung seorang pedagang yang ditemuinya. Ternyata hidung si pedagang telah dipotong sebagai hukuman karena telah berzina.

Sebagai gantinya ia mendapat hidung buatan yang dibuat oleh Maratha Vaidya seorang pembuat tembikar. Operasi lain pun dilakukan atas permintaan si petugas Inggrsi untuk membaut hidung yang sama pada orang kehilangan hidung juga. Bahan yang digunakan pada saat itu adalah lilin.

Nah, dari situlah seorang dokter Inggris bernama J.C. Carpue mempelajari cara operasi tersebut dari India, lalumelakukan operasi yang sama dan sukses besar demikian lansir Gunakar Muley dalam laman vigyanprasar.gov.in. Dari lilin bahan operasi berkembang dengan menggunakan kulit di bagian lengan, sampai bahan sintesis yang kita kenal sekarang ini.

Selain pada hidung operasi plastik pada telinga dan bibir juga dilakukan di India. Bahkan sebuah daerah di Himachal Pradesh, India cukup terkenal karena operasi plastiknya. Di dalam Ayurveda atau ilmu pengobatan India juga ditemukan bab yang membahas operasi plastik pada telinga dan hidung.

Oleh: Hening 

(vem/rsk)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading