Sukses

Beauty

Menjaga Hidung Tetap Sehat

Hidung adalah bagian yang penting dari tubuh manusia, kalau hidung sampai mampet nyawa bisa melayang. Kebiasaan hidup dan keadaan di sekitar kitalah yang harus diperhatikan untuk menjaga kesehatan dan merawat hidung.

Berdasarkan informasi dari laman healthguidance.org memberikan poin-poin penting mengenai perawatan hidung.

a. Nasal Sprays
Di satu sisi nasal sprays membantu Anda untuk sembuh tapi di di sisi lain akan menganggu sinus Anda. Gunakan nasal sprays secukup yang Anda butuhkan. Perhatikan dengan benar cara penggunaannya dan tanggal kadaluarsanya. Sebagai gantinya Anda bisa menghirup uap hangat untuk melegakan hidung dan pernapasan Anda. Cara ini mudah dan tidak beresiko.

b. Kelembaban Udara
Udara yang kering di rumah Anda bisa diatasi dengan menggunakan humidifier. Kelembaban udara yang baik akan membantu pernapasan Anda menjadi lebih baik dan bersih.

c. Alergi
Obat untuk mengatasi alergi bisa mengganggu jalannya pernapasan serta efek samping lain seperti mengantuk. Konsultasikan alergi Anda pada dokter, tapi kalau bisa penyembuhannya sealami mungkin tanpa obat. Cara sederhana yang bisa Anda lakukan adalah rajin menjaga kebersihan tempat tinggal Anda dan jauhkan barang atau hal lain yang menjadi penyebab alergi Anda supaya nanti tidak menjadi lebih parah.
Memakai penyaring udara juga baik untuk menjaja hidung Anda.

d. Membersihkan telinga
Tips untuk membersihkan hidung dengan aman dan efektif adalah gunakan kapas dan air yang sedikit asin. Hidung Anda akan bersih tanpa perlu melukai membran sensitif di dalamnya.

e. Merokok
Merokok tidak hanya bisa merusak hidung tapi juga bagian tubuh lain. Rokok jenis apapun mulai dari cerutu, rokok menthol dan lainnya sama-sama bisa merusak hidung terutama jalannya pernapasan.

f. Objek dan Operasi
Objek apapun yang masuk ke hidung termasuk jari Anda bisa menyebabkan infeksi. Sebelum melakukan operasi pada hidung pastikan dulu dampaknya pada kesehatan pernapasan Anda. Kalau sudah selesai operasi pastikan untuk mengikuti petunjuk penyembuhan yang benar.

Oleh: Hening

(vem/rsk)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading