Sukses

Beauty

Jangan Jilati Bibir Pecah-Pecah!

Tanpa disadari, banyak orang suka menjilat bibir mereka. Memang, menjilati bibir tampaknya merupakan cara paling mudah untuk melembabkan bibir pecah-pecah. Tapi apa benar begitu faktanya?

Wah, ternyata tidak Ladies. Menurut howstuffworks.ocm, menjilati bibir malah semakin membuat bibir Anda kering! Kenapa begitu? Itu karena bibir tidak memiliki membran pelindung sebanyak yang dimiliki bagian kulit lainnya.

Menjilati bibir sama seperti saat Anda menambahkan pelembab yang mudah sekali menguap dalam beberapa detik. Kalau begitu, maka yang terjadi hanyalah kebiasaan buruk yang membuat bibir Anda semakin kering dengan cepat.

Itu belum seberapa, Ladies. Tahukah Anda, air liur yang kita pakai untuk menjilati bibir tidak memiliki kandungan yang sama seperti air mineral biasa—walaupun warnanya sama. Air liur manusia termasuk dalam garis depan mekanisme pencernaan manusia. Oleh sebab itu, air liur mengandung enzim yang mampu menghancurkan makanan.

Sayangnya, enzim ini tidak bisa memilih-milih apa yang dihancurkan. Oleh sebab itu, bibir yang terkena air liur akan mengalami proses penghancuran yang sama seperti saat Anda memakan sepotong besar daging kesukaan Anda. Aduh, bahaya kan?

Nah, Ladies, untuk membantu mengatasi bibir pecah-pecah memang sebaiknya jangan menjilati bibir Anda, tetapi Anda bisa merawatnya dengan mengoleskan lip balm bebas perasa dan pewangi, shea butter, atau madu. Jangan lupa, minum air putih yang banyak agar tubuh Anda terhidrasi dengan cukup.

Oleh: Ayu Liskinasih

(vem/rsk)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading