Sukses

Beauty

Apa Itu Jari Pelatuk?

Ladies pernah mendengarnya? Jari pelatuk adalah sindrom atau penyakit ringan yang menyebabkan satu jari atau lebih Anda tidak bisa kembali ke posisi normal setelah tertekuk. Akan sulit untuk meluruskannya kalau tidak dengan ditarik dengan tangan yang satunya.

Bunyi ‘klik’ biasanya akan muncul saat jari Anda telah lurus. Penyebabnya masih belum pasti. Menurut patient.co.uk, diduga kuat ini disebabkan karena perandangan tendon atau sarung tendon. Tendon sendiri adalah jaringan otot yang menjalar dari lengan bagian bawah sampai ke telapak tangan dan menempel pada tulang jari.

Sedangkan sarung tendon adalah lapisan yang membungkus tendon dan akan meregang dan memendek saat Anda menekuk jari Anda. Sarung tendon inilah yang kemungkinan sering terjepit saat memendek sehingga jari tidak dapat kembali ke posisi normal.

Penyakit ini jarang terjadi pada seseorang, hanya 2 yang menderita jari pelatuk dari 100 orang. Tapi dari semua kejadian yang ada, wanita lah yang sering mengalaminya. Apalagi kalau Anda sudah menginjak usia 40 tahun. Jari yang sering mengalami adalah kelingking, jari manis, atau ibu jari pada tangan kanan.

Penanganan terbaik untuk jari pelatuk ini adalah tidak menanganinya terlebih dahulu lho, Ladies. Karena biasanya jari akan kembali ke posisi normal setelah Anda mengistirahatkannya. Kalau ii tidak berhasil, suntikan steroid biasanya akan dilakukan. Pembedahan bisa sampai dilakukan apabila dengan cara-cara di atas tidak berhasil. Dipastikan hampir 100% jari pelatuk akan teratasi dengan pembedahan.

Oleh: Faris Faishal 

(vem/rsk)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading