Sukses

Beauty

Mitos Rambut: Istri, Bintang, dan Emas

Orang berkata bahwa rambut adalah mahkota wanita. Mitos-mitos mengenai sosok dengan rambutnya ternyata cukup menarik untuk diketahui, lho. Masalah rambut ini ternyata cukup sensasional dan dapat menimbulkan masalah serius. Dari laman thehistoryofthehairsworld.com terdapat dua kisah mengenai para istri dan rambut mereka pada zaman dahulu kala.

1. Ratu Berenice II, Mesir Kuno 243 sebelum masehi
Cleopatra adalah salah satu ratu Mesir yang amat terkenal. Namun, ratu Mesir yang lain Berenice II menyimpan kisah hidup yang tidak kalah dari Cleopatra. Ratu Berenice II yang mengkhawatirkan keadaan suami dalam perang melawan Syria mencobe menunjukkan sisi seorang istri yang baik. Berenice membuat sebuah penawaran kepada dewi Aphrodite untuk melidungi dan menyelamatkan suaminya dalam peperangan. Sebagai gantinya ia mengorbankan rambutnya. Akhirnya suaminya bisa pulang dengan selamat, dan Berenice berpikir bahwa penawarannya berhasil.

Namun di sisi lain, seorang pendeta yang merasa marah pada Berenice yang lancang membuat penawaran dengan dewi, mencuri potongan rambut Berenice di kuil. Untuk menghindari konflik yang mungkin terjadi Konon (seorang astronom lapangan) mengumumkan kepada Berenice bahwa penawarannya telah dikabulkan. Supaya lebih meyakinkan ia juga mengatakan bahwa rambut Berenice telah diletakkan oleh dewi Aphrodite di langit.

Katanya rambut dari Ratu Berenice ini masih bisa kita lihat sebagai gugusan bintang yang bersinar di Galaktik Kutub Utara.

2. Sif istri dari Thor (dewa petir)
Istri dari Thor ini dikenal mempunyai rambut yang panjang, indah, dan berkilauan. Alkisah ketika Sif sedang tertidur
dewa penipu, pencuri dan petualang bernama Loki memotong rambut Sif dan melarikan diri dengannya. Sif pun menangis karena marah. Lalu suaminya Thor segera menemui Loki dan mengancamnya dengan hukuman yang paling mengerikan.

Ketakutan dengan hasil perbuatannya sendiri, Loki pergi ke Asgard dan Smifhelm (rumah para kurcaci) untuk meminta bantuan. Para kurcaci kemudian menenun rambut dari emas dan hasilnya dibawa Loki ke hadapan Thor dan Sif untuk meredakan amarah mereka.

Oleh: Hening

(vem/rsk)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading