Sukses

Beauty

Apakah Rhinoplasty Itu? (I)

Rhinoplasty adalah salah satu jenis operasi yang bertujuan untuk memperbaiki bentuk hidung. Operasi ini dapat mengubah ukuran hidung menjadi lebih kecil atau besar, membuat hidung lebih mancung, dan memperbaiki bentuk hidung agar terlihat lebih sempurna.

Selain membuat ukuran serta bentuk hidung lebih proporsional, rhinoplasty juga bermanfaat untuk memperbaiki masalah yang berkaitan dengan struktur hidung yang menyebabkan kesulitan bernafas.

Dalam upayanya membuat bentuk hidung lebih sempuran, surgeon akan memasukkan jaringan bersifat fleksibel yang tak kasat mata ke dalam hidung. Namun, tidak semua rhinoplasty berprosedur serupa. Ada juga operasi hidung yang membuang sebagian tulang hidung atau menambahkan jaringan tubuh lain ke dalam hidung—tergantung pada hasil operasi yang diinginkan.

Seperti dikutip dari laman webmd.com, dokter-dokter yang bertugas menangani rhinoplasty adalah para ahli yang telah mendapatkan training di bidang bedah plastik dan otolaryngology (spesialis telinga, hidung, dan tenggorokan).

Setelah operasi hidung berhasil, perban di sekitar hidung dapat dilepas seminggu setelah operasi. Dan Ladies jangan terkejut apabila setelah operasi, Ladies akan mendapati wajah, mata, dan hidung Ladies membengkak serta terlihat memar. Hal ini merupakan efek samping dari rhinoplasty yang hilang dalam waktu sekitar 10 hingga 14 hari.

Untuk mengatasi memar dan bengkak tersebut, Anda dapat mengompresnya dengan air hangat dan meminum pain medicine.

Bagaimana Ladies, tertarik melakukan rhinoplasty?

Oleh: Pravianti Ayu Mirantiraras

(vem/rsk)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading