Sukses

Beauty

Gejalanya Mirip Dengan Flu Menahun

Gejala penyakit THT bisa bermacam ragam. Mulai dari munculnya lendir yang terlalu banyak, susah atau tidak bisa bernafas (hidung tersumbat) atau pun seperti terasa suara berubah. Memang semua gejala-gejala ini seperti halnya pilek atau flu yang biasanya hanya musiman terjadi. Tapi, jika muncul gejala seperti flu menahun, apakah Anda yakin ini adalah flu biasa?

Laman dailymail.co.uk menjelaskan penyakit yang biasa disebut sebagai Seasonal Allergic Rhinitis (hay fever). Ini merupakan penyakit yang dianggap cukup mengganggu karena serangannya yang memiliki dampak cukup lama. Memang lebih terasa seperti pilek menahun. Penyebab utama dari penyakit ini merupakan allergen karena tingkat sensitifitas indra penciuman terhadap zat tertentu terlalu tinggi.

Gejala-gejala lain yang mungkin muncul hampir sama juga dengan flu seperti sakit kepala, hidung berair dan beberapa tanda lain yang sangat mirip dengan flu pada umumnya, menurut penjelasan ahli THT Myles Black dari East Kent Hospital University Trust yang dikutip melalui sumber di atas.

Untuk mengobatinya, bisa digunakan azelastine jika memang titik serangannya hanya pada hidung. Untuk membuat sedikit lega dan menghilangkan hidung tersumbat, Anda bisa juga menggunkan dekongestan seperti mometasone.

Tapi, yang sangat perlu diperhatikan, jangan gunakan pengobatan ini terus menerus. Karena tersimpan efek samping yang cukup membahayakan seperti ‘rebound congestion’.

Oleh: Nurrohman Sidiq

(vem/rsk)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading