Sukses

Beauty

Jangan Mengorek Hidung Dengan Jari

Ladies, sering sekali saat Anda mengorek kotoran dari hidung, atau sebut saja ngupil pasti menggunakan jari Anda. padahal saat Anda membersihkan hidung dengan jari, disitu banyak sekali kuman-kuman yang menenmpel pada jari yang akan menyebabkan terjadi penyakit. Nah, ada baiknya jika Anda membersihkannya dengan air sehingga lendir yang terlanjur keluar akan bisa dibersihkan dengan mudah.

Dijelaskan pada situs hopkinsmedicine.org, Anda bisa membersihkan kotoran hidung Anda dengan cara sebaga berikut, diantaranya:
1. Anda bisa menggunakan sapu tangan dengan handuk basah untuk membersihkan bagian dalam hidung.
2. Bersihkanlah bagian dalam dan luar hidung Anda dengan cara yang tepat.
3. Setiap mandi pagi, bersihkan hidung Anda dari kotoran yang menggumpal. Misalnya dengan memakai cotton-bud yang diolesei dengan baby oil. Tetapi hati-hati jangan memaksakan cotton bud terlalu dalam.
4. Jika merasa bulu hidung Anda terlalu panjang dan mengganggu, Anda bisa emngguntingnya dengan alat khusus hairnose trimmer atau hairnose cilpper, gunting rambut yang terlihat oleh mata.

Jika Anda lupa untuk membersihkan tangan Anda dan kemudian menggunakannya untuk membersihkan hidung, sudah bisa dipastikan hidung Anda akan langsung mengalami infeksi. Disamping itu mengorek hidung dengan tangan didepan orang lain juga merupakan hal yang tidak sopan untuk dilakukan. Jika Anda mengalami batuk dan pilek, segeralah meminum obat dan istirahat secara cukup agar penyakit Anda tersebut bisa sembuh. Dengan melakukan beberapa langkah diatas, kesehatan hidung Anda akan senantiasa terjaga dan Anda bisa terhindar dari berbagai masalah yang merugikan untuk hidung Anda.

Oleh: Ismaya Indri Astuti

(vem/rsk)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading