Sukses

Beauty

Lebih Dekat Dengan Haute Couture

Zaman sekarang, definisi cantik tidak dapat dipisahkan dengan pilihan gaya dalam berbusana. Salah satunya dengan menggunakan busana haute couture, yang dipercaya mampu meningkatkan nilai kecantikan seorang wanita secara gratis.

Dalam dunia fashion, Anda tentunya sering menjumpai istilah haute couture, atau yang sering diterjemahkan bebas sebagai fashion style kelas atas.

Tapi tahukah Anda, Ladies? Haute couture pada awalnya merupakan istilah khusus dalam industri busana di Perancis sejak zaman dahulu. Gaya busana haute couture pada awalnya hanya digunakan oleh wanita dari kalangan bangsawan Perancis yang identik dengan rok gaun para bangsawan wanita yang mengembang, rambut digelung tinggi, maupun make up warna-warni.

Disebutkan dalam fashion-era.com, saat ini tren haute couture telah merebak ke berbagai kalangan, tidak hanya para keturunan bangsawan, namun tentunya bagi mereka yang mampu merogoh kocek tidak sedikit bagi sepotong busana haute couture.

Secara etimologis, haute dalam bahasa Perancis seringkali merujuk pada sesuatu yang berbau elegan atau berasal dari kalangan atas, sedangkan couture bermakna jahit-menjahit atau usaha pembuatan busana. Dengan demikian, istilah haute couture dapat diartikan sebagai jenis usaha garmen yang menekankan pada segi artistik dan elegan.

Sejak zaman monarki di Perancis dulu, busana haute couture secara khusus diproduksi dalam jumlah terbatas oleh rumah produksi tertentu. Pembuatan tiap busana pun dikhususkan untuk memenuhi selera dan permintaan tiap klien, dibuat sepenuhnya oleh tangan sang ahli busana dan sebisa mungkin tanpa bantuan mesin sama sekali.

Busana haute couture biasanya bernilai lebih, baik itu dari segi kualitas bahan maupun teknik pembuatan busana tersebut. Bahan yang digunakan biasanya memang memiliki kualitas terbaik atau bahkan langka, misalnya saja dari kain khusus yang bernilai lebih dari 100 Poundsterling per meternya.

Bahan yang biasa digunakan antara lain ialah kain kualitas terbaik dari jenis wol, katun, linen, kashmir, maupun bulu binatang. Beberapa gaun pengantin haute couture juga seringkali dihiasi oleh permata yang didesain khusus, yang tentunya akan semakin menambah nilai lebih bagi busana tersebut.

Sedangkan dari segi teknik pembuatan, busana haute couture diproduksi melalui teknik yang jauh lebih lumit daripada yang sering dijumpai dalam industri garmen biasanya. Sebagai contoh, sepotong gaun malam haute couture biasanya dibuat dalam kurun waktu kurang lebih seribu jam. Saking lamanya proses pembuatan busana haute couture, rumah produksi ternama dunia seperti Dior hanya akan menghasilkan 20 gaun pengantin haute couture selama setahun.

Demikian sekilas gambaran singkat mengenai tren busana haute couture, yang sedikit-banyak berpengaruh terhadap cara pandang para wanita di seluruh dunia dalam memaknai kecantikan.

Anda berminat membeli atau memakai tren busana di atas, Ladies?

Oleh: Fadhila Eka Ratnasari

(vem/rsk)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading