Sukses

Beauty

Cara Mudah Merawat Payudara (Bagian 2)

Payudara yang sehat adalah asset berharga bagi setiap wanita. Jadi, jaga dan cintailah selalu payudara anda dengan merawatnya dan melakukan gaya hidup sehat agar payudara anda terhindar dari resiko kanker payudara yang ganas.

Savorylotus.com menganjurkan perubahan gaya hidup untuk memperkecil resiko penyakit pada payudara. Ladies, pada bagian sebelumnya telah dibahas bagaimana diet seimbang, olahraga teratur, dan tidak merokok dapat membantu melindungi payudara anda. Nah, selanjutnya, beberapa tips sederhana akan membantu anda merawat dan mencintai payudara anda:

1. Berikan ASI Eksklusif
Hasil riset menunjukkan, semakin lama seorang wanita menyusui bayinya, semakin rendah pula resiko kanker payudara pada tubuhnya. Resiko kanker payudara diketahui turun hinggan 4, 1 persen setiap dua belas bulan menyusui dan meningkat jika dilakukan lebih lama lagi. Aktifitas menyusui menurunkan level estrogen sehingga menghambat pertumbuhan sel kanker.

2. Jagalah berat badan ideal anda
Berat badan ideal bukan berarti hanya tampak langsing, tapi memiliki kadar lemak tubuh yang normal. Hindarilah makan-makanan manis agar tubuh anda tidak menyimpan terlalu banyak lemak. Jaringan lemak akan memproduksi lebih banyak estrogen yang memicu kanker payudara.

3. Perhatikan bahan berbahaya dalam kosmetik anda
Ladies, hindarilah bahan kimia berbahaya dalam kosmetik anda seperti paraben dan alumunium klorida karena merupakan zat karsinogenik yang meningkatkan resiko kanker. Bahan-bahan ini dapat terakumulasi dalam jaringan tissue payudara dan menyebabkan kanker.

Oleh: Ayu Liskinasih

(vem/rsk)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading