Sukses

Beauty

Cantengan -- Yaiks!

Cantengan adalah kata yang paling tidak disukai. Oleh siapapun. Benar begitu, Ladies. Cantengan adalah keadaan dimana (biasanya) jempol kaki kita membengkak, menjadi merah dan panas, terjadi pendarahan di dalam kuku, dan mungkin mengeluarkan nanah. Bagaimana bisa?

Menurut kidshealth.org, ada beberapa alasan mengapa kuku kita menjadi cantengan.

1. Sepatu kekecilan ---sepatu yang terlalu ketat memaksa kuku untuk tumbuh secara terjepit, sehingga kuku tumbuh menusuk ke dalam daging dan menjadi cantengan.

2. Jempol luka --- jempol yang luka, seperti akibat kejatuhan panci, merupakan salah satu alasan mengapa cantengan terjadi. Biasanya, akan terjadi pendarahan di dalam kuku dan kuku Anda menjadi hitam.

3. Repetisi --- adalah melakukan aktivitas yang sama berulang-ulang. Anda bisa mendapatkan cantengan dari bermain bola, bermain balet, bahkan jogging.

Walaupun kita bisa mengunjungi dokter untuk mendapatkan perawatan cantengan, kita sebenarnya bisa merawat kaki kita sendiri. Ketika Anda merasa nyeri di kaki Anda untuk pertama kalinya, maka sebaiknya Anda merendam kaki Anda di air garam hangat selama 20 menit sebanyak 2 hingga 3 kali sehari untuk menghilangkan nyeri.

Kemudian, bila Anda merasa kuku Anda tumbuh ke dalam sehingga membuat tidak nyaman, maka Anda sebaiknya menggunting bagian kuku yang tumbuh ke dalam itu. Namun bila kaki Anda sudah terasa nyeri untuk disentuh, maka letakkan kain kecil di bawah kuku yang tumbuh ke dalam.

Semoga bermanfaat, Ladies.

Oleh: Nastiti Primadyastuti

(vem/rsk)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading