Sukses

Beauty

Menekuk Persendian Jari Berisiko Arthritis?

Untuk menghilangkan rasa lelah akibat beraktifitas, setiap orang memiliki gerakan relaksasi favorit masing – masing. Entah itu dengan menekuk persendian jari hingga menimbulkan bunyi ataukah dengan membuka lebar lengan. Nah, jika Anda termasuk salah satu yang gemar menekuk jari hingga berbunyi, seberapa sering Ladies menekuk persendian jari – jari Ladies hingga menimbulkan bunyi gemelutuk? Pernahkah Ladies penasaran kira – kira mengapa persendian jari – jari dapat mengeluarkan bunyi dan apakah tidak efek sampingnya?

Ladies mungkin tidak jarang mendengar orang mengingatkan tentang bahaya menekuk jari hingga mengeluarkan bunyi dari beberapa orang. Alasan yang paling sering Ladies dengar tentang hal tersebut bahwa ketika menekuk atau menarik jari, maka akan terjadi pergeseran sendi dan menyebabkan arthritis.

Menurut artikel yang ditulis oleh shine.yahoo.com, mitos bahwa menekuk persendian jari dapat menyebabkan arthritis ternyata tidak dapat dibuktikan kebenarannya. Namun bukan berarti kebiasaan itu dapat dilakukan terus menerus lo ya. Karena, jika dilakukan terus – menerus, persendian yang terletak di tiap ruas jari akan mengalami masalah.

Persendian adalah pertemuan dua tulang. Nah, kedua tulang tadi dihubungkan oleh ligament. Selain ligament, persendian juga dibungkus oleh cairan pelumas yang menyebabkan persendian dapat bergerak bebas.

Nah, kebiasaan menekuk persendian kontan akan membuat ligamen tertarik. Jika dilakukan terus – menerus dan menjadi kebiasaan, ligament yang tertarik akan membuka rongga tempat masuknya udara. Meskipun tidak menimbulkan efek yang membahayakan, kebiasaan tersebut dapat mengganggu kerja tangan.

Oleh: Marintan Widi Lestari

(vem/rsk)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading