Sukses

Beauty

Kuku Menghitam, Apa Sih Penyebabnya?

Kuku yang selalu mendapatkan manicure rutin pasti akan terlihat cantik, ya, Ladies. Konsumsi buah dan sayur, serta air putih yang cukup juga penting untuk menunjang kesehatan kuku sehingga penampilannya segar dan berseri. Namun, pada beberapa orang, kuku menjadi bagian yang tak begitu diperhatikan. Kesehatannya mulai dirisaukan ketika warnanya berubah menghitam atau terdapat beberapa garis atau titik yang menggelap. Apa yang menyebabkannya?

Seperti yang dimuat dalam edition.cnn.com, penyebab kuku menghitam yang paling umum adalah terlalu sering memakai cat kuku dan kebiasaan merokok yang tidak terkontrol. Jika ini yang menjadi masalah Anda, maka solusinya adalah dengan menghentikan kedua kegiatan tersebut dalam kurun waktu beberapa bulan untuk membiarkan kuku baru tumbuh dengan kondisi sehat.

Kuku yang menguning hingga akhirnya menghitam juga bisa disebabkan oleh penyakit-penyakit dalam seperti, diabetes, gangguan paru-paru, arthritis, lupus, ganggung sistem limpa, masalah hati, psoriasis, hingga kanker kulit. Penyakit-penyakit ini dapat membuat penyerapan tubuh terhadap vitamin B12 terganggu, yang mengakibatkan kesehatan sel folikel pada tubuh – termasuk kuku – terpengaruh. Efeknya, kuku jadi menguning dan perlahan-lahan menghitam.

Infeksi kuku karena jamur juga mungkin menjadi penyebab menggelapnya warna kuku. Biasanya, tekstur kuku juga ikut berubah, menjadi lebih tebal dan terkelupas pelan-pelan. Cara mengatasinya adalah dengan mengkonsumsi obat oral anti-fungal, karena biasanya akan sulit sembuh jika pengobatan hanya dilakukan dari luar, seperti penggunaan salep atau semacamnya.

Oleh: Mazhi

(vem/rsk)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading