Sukses

Beauty

Macam-macam Jerawat

Ladies, masalah jerawat memang bisa menyerang siapa saja. Jerawat juga ternyata mempunyai berbagai macam jenis tergantung bagaimana proses terjadinya serta dimana biasanya jerawat tersebut terletak.

Menurut laman thelovevitamin.com jenis jerawat yang pertama adalah jerawat whitehead komedo yang tertutup. Jerawat ini disebabkan karena pori-pori yang tersumbat namun tidak mengalami peradangan. Whitehead biasanya terperangkap di bawah permukaan kulit dan tertutupi pori-pori. Biasanya jerawat ini berwarna seperti kulit dan sedikit menonjol dengan warna kepala berwarna putih kemerahan.

Jenis jerawat yang kedua adalah jerawat blackhead atau komedo terbuka. Jerawat ini serupa dengan jerawat whitehead, yang menjadikannya berbeda adalah puncak atau kepala jerawat ini terbuka dan terekspos udara bebas. Udara mengoksidasi sebum dan keratin yang terperangkap dalam lapisan kulit sehingga menyebabkan jerawat ini berwarna hitam sesuai namanya.

Yang ketiga adalah jerawat batu atau cyst. Tidak seperti kedua jerawat di atas jerawat ini diikuti peradangan yang hebat. Peradangan biasanya terjadi karena dinding folikel terpecah dan mengeluarkan cairan ke kulit. Nah, sistem kekebalan kita akan bereaksi terhadap proses tersebut sehingga timbulah radang.

Jika pecahnya dinding folikel ini dekat dengan permukaan kulit, munculah papule atau pustule. Sebaliknya jika pecahnya didalam kulit, maka sepertinya jenis jerawat yang lebih serius seperti nodule atau cyst inilah yang kemudian muncul.
Disarankan sebaiknya tidak pernah memencet jerawat jenis ini karena yang terjadi bakteri malah jauh masuk ke dalam kulit.

Oleh: Rahmawati

(vem/rsk)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading