Sukses

Beauty

Perawatan Alternatif Ayurveda

Banyak cara alami tanpa obat-obatan untuk mengobati berbagai masalah kesehatan. Tentunya Ladies pernah mendengar tentang perawatan alternatif bukan? Ada salah satu teknik perawatan alternatif terkenal di India yang biasa disebut dengan Ayurveda. Praktik Ayurveda meliputi menggabungkan meditasi, latihan pernafasan, pemijatan, dan pemakaian ramuan-ramuan herbal.

Praktik Ayurveda sendiri sebenarnya sudah ada sejak masa India kuno. Disebutkan melalui howstuffworks.com, tujuan dari Ayurveda sendiri sebenarnya tidak hanya untuk kesehatan tubuh saja. Namun juga untuk keseimbangan tubuh dan jiwa.

Dasar dari perawatan alternatif ini adalah bahwa apapun yang ada di alam termasuk tubuh manusia memiliki 5 elemen dasar (bumi, angin, udara, air dan ruang). Kelima ini ada dalam tubuh manusia dalam proporsi yang berbeda yang disebut dengan dosha. Nah, tujuan dari ayurveda adalah menjaga agar dosha tetap seimbang.

Sebelum memulai perawatan ayurveda, praktisi ayuverda akan memberi Ladies beberapa pertanyaan terlebih dahulu seputar diet Ladies, kebiasaan, dan sakit yang terakhir kali diderita Ladies. Selain itu praktisi ayurveda juga akan memeriksa gigi, lidah, kulit dan terkadang suara, detak jantung, urine Ladies. Hal ini dilakukan agar praktisi mengetahui jenis dosha yang Ladies miliki.

Setelah praktisi ayurveda mengetahui dosha Ladies, barulah praktisi ayuverda akan memberikan saran mengenai apa yang harus dilakukan untuk mengembalikan keseimbangan dosha Ladies. Selain memberikan saran untuk mengubah diet, gaya hidup dan kebiasaan Ladies. Selain itu, perawatan yang dilakukan juga meliputi panchakarma atau 5 langkah pembersihah untuk membersihkan tubuh dari racun.

Nah 5 langkah ini yang mungkin kedengaran agak seram karena selain minum ramuan, ada prosedur yang meliputi enema, memasukan minyak herbal ke hidung, dan juga mengalirkan darah. Karena itu, panchakarma hanya boleh dilakukan oleh ahli ayuverda yang sudah benar-benar terlatih saja. Namun jangan takut Ladies, masih ada salah satu perawatan yang lebih menenangkan, yaitu pemijatan Ayuverda.

Ladies mau mencoba?

Oleh: Teylita A

(vem/rsk)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading