Sukses

Beauty

Beberapa Efek Samping Penggunaan Kunyit

Kunyit adalah jenis tanaman yang telah banyak digunakan dalam makanan dan obat-obatan. Namun, tahukan Anda kalau terkadang konsumsi kunyit juga dapat menimbulkan beberapa efek samping yang kurang baik? Nah, Ladies, di bawah ini adalah beberapa efek samping kunyit yang umumnya muncul karena penggunaan yang berlebihan berdasarkan situs www.newhealthguide.org.

Efek yang pertama adalah munculnya reaksi alergi. Biasanya, mengkonsumsi kunyit tidak akan memberikan efek negatif. Namun, ada sebagian kecil orang yang akan merasakan mual, muntah, hingga diare setelah mengkonsumsi lebih dari 1500mg per hari (bahkan, kadang dosis normal pun juga sudah mampu memicu munculnya reaksi alergi ini). Tak hanya itu, jika kunyit digunakan sebagai obat luar atau olesan, mereka yang alergi mungkin akan mengalami alergi kulit atau rasa terbakar pada bagian kulit tertentu.

Masalah perut dan pencernaan juga dapat diakibatkan oleh kunyit. Hal ini biasanya muncul ketika Anda memanfaatkan kunyit sebagai obat kondisi pembengkakan kronis (chronic inflammatory systemic conditions) seperti rheumatoid arthritis atau nyeri sendi. Nah, untuk menghindari hal ini, disarankan agar Anda banyak minum air agar tidak terjadi penumpukan dosis kunyit dalam tubuh, dan agar Anda lebih baik mengkonsumsi kunyit sebagai campuran dalam makanan.

Kunyit terkadang juga merupakan penyebab pendarahan. Masalah ini muncul karena senyawa dalam kunyit yang mampu menghambat pembentukan salah satu bagian darah yang berperan dalam pembekuan darah (platelet).

So, Ladies, sebelum Anda memutuskan untuk memanfaatkan kunyit, akan lebih baik jika Anda memastikan dulu pada dokter agar efek negative tersebut dapat dicegah.

Oleh: Alfi

(vem/rsk)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading