Sukses

Beauty

Efek Samping Kunyit Bagi Kesehatan

Ladies, kunyit merupakan spesies tanaman obat dan rempah yang tergolong ke dalam famili zingiberaceaeTumbuhan semak ini sangat mudah ditemukan di Indonesia, dan dapat tumbuh hingga mencapai ketinggian 1 meter. Tanaman obat bewarna orange ini tidak memiliki batang sejati dan memiliki akar tinggal (rhizoma).

Kunyit sangat dikenal sebagai jamu. Banyak wanita yang gemar meminum jamu dari bahan kunyit. Khasiatnya juga sangat baik untuk kesehatan, seperti untuk mengatasi masalah haid yang tidak lancar, memperlancar aliran darah , melarutkan gumpalan darah serta menghilangkan nyeri perut saat haid.

Dijelasakan pada situs myhealthbynature.com, dari sekian banyak manfaat kunyit sebagai tanaman obat, kunyit ternyata juga memiliki efek samping. Berikut beberapa efek samping yang bisa diakibatkan oleh tanaman kunyit bagi tubuh Anda, diantaranya:

1. Susah diserap tubuh
Zat-zat yang terkandung dalam kunyit cenderung sudah diserap oleh tubuh sehingga tubuh kurang mendapatkan manfaat yang maksimal dari kunyit.

2. Menyebabkan Gangguan Lambung
Bila mengkonsumsi kunyit untuk jangka waktu yang lama, bisa mengakibatkan terganggunya lambung Anda karena diakibatkan oleh sifat pedas yang dimiliki oleh kunyit.

3. Menimbulkan rangsangan pada rahim.
Bagi para wanita hamil dan menyusui agar lebih berhati-hati dalam menkonsumsi kunyit. Penggunaan kunyit yang telalu banyak dapat menstimulasi rahim sehingga dapat mendorong aliran menstruasi.

4. Menurunkan efek kemoterapi.
Hasil penelitian menyebutkan bahwa kunyit memiliki efek buruk terhadap kemoterapi, sehingga disarankan bagi Anda yang sedang menjalankan kemoterapi untuk tidak mengonsumsi kunyit.

Nah, efek tersebut terjadi jika digunakan secara berlebihan. Padahal kunyit merupakan salah satu jenis tanaman obat yang memiliki manfaat selama kita mengkonsumsinya secara bijak.

Oleh: Ismaya Indri Astuti

(vem/rsk)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading