Sukses

Beauty

Efek Samping Mengonsumsi Kunyit

Ladies, sebagian besar dari Anda pasti mengenal khasiat dan manfaat dari tumbuhan kunyit ini. Banyak wanita menggunakan kunyit untuk bahan masakan atau untuk mengobati berbagai macam penyakit. Kunyit adalah obat herbal yang bisa digunakan untuk mengatasi dan mengobati berbagai macam penyakit ringan.

Kunyit umumnya aman untuk dikonsumsi oleh semua usia baik pria maupun wanita, bahkan anak kecil juga tidak dilarang untuk mengonsumsinya. Tapi tahukah Anda? bahwa terkadang kunyit ini dapat menyebabkan mual dan diare, terutama dalam dosis tinggi atau setelah penggunaan jangka panjang. Hal ini juga tak jarang akan menimbulkan risiko ulkus dalam dosis tinggi lho, bahkan parahnya dapat menyebabkan iritasi kulit.

Wanita hamil sebaiknya tidak menggunakan suplemen kunyit. Bicaralah dengan dokter sebelum menggunakan suplemen kunyit secara teratur jika Anda memiliki kondisi penyakit tertentu, seperti kandung empedu atau penyakit ginjal, gangguan perdarahan, diabetes, atau masalah kekebalan. Seperti yang dijelaskan pada situs newhealthguide.org, karena kunyit berpotensi dapat meningkatkan perdarahan, berhenti minum setidaknya dua minggu sebelum operasi apapun.

Jika Anda mengonsumsi kunyit guna keperluan lain, berbicara dengan dokter Anda sebelum Anda mulai menggunakan suplemen kunyit. Apakah kunyit bisa berinteraksi dengan obat-obatan seperti aspirin, obat penghilang rasa sakit NSAID, statin, obat diabetes, obat tekanan darah, dan pengencer darah. Atau juga berkemungkinan dapat berinteraksi dengan suplemen yang menurunkan pembekuan, seperti ginkgo, ginseng, dan bawang putih. Mengingat kurangnya bukti tentang keselamatan, anak-anak dan perempuan yang sedang menyusui sebaiknya hanya menggunakan kunyit sesuai dengan saran dokter dan jangan mengonsumsi secara berlebihan.

Oleh: Ismaya Indri Astuti

(vem/rsk)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading