Sukses

Beauty

Lidah Buaya dan Efek Sampingnya

Dear Ladies, lidah buaya adalah salah satu jenis tanaman yang manfaatnya telah sangat dikenal banyak orang, baik bagi kecantikan juga pengobatan. Tanaman yang berasal dari Afrika kini telah tumbuh subur di banyak negara tropis di seluruh dunia dan tidak hanya dimanfaatkan bagian dagingnya saja namun juga kulitnya.

Meskipun lidah buaya telah secara luas dikenal dengan manfaatnya dalam dunia kecantikan dan pengobatan, beberapa orang yang rentan alergi mungkin akan mengalami beberapa efek samping dari penggunaan tanaman ini. Berikut ini adalah beberapa efek samping dari penggunaan lidah buaya yang dirangkum oleh buzzle.com.

- Reaksi alergi adalah salah satu efek samping yang ditimbulkan oleh lidah buaya. Baik mengkonsumsi maupun menggunakan lidah buaya di bagian tubuh luar akan menimbulkan efek seperti gatal – gatal, ruam kulit bahkan sesak nafas.

- Mengkonsumsi lidah buaya sebgai obat pencahar dapat membuat seseorang mengalami kram perut dan diare. Pada jangka waktu lama, mengkonsumsi lidah buaya justru akan membuat seseorang mengalami konstipasi atau sembelit parah.

- Beberapa penelitian yang dilakukan kepada tikus menemukan bahwa zat aloin pada daun lidah buaya dapat bersifat racun. Meskipun belum terbukti efek yang sama dapat timbul pada manusia, kemungkinan akan tetap ada.

- Lidah buaya yang digunakan obat alternatif menurunkan kadar gula bagi penderita diabetes jika dikonsumsi pada jangka waktu yang lama dan tanpa pengawasan dokter dapat menjadi faktor penyebab hepatitis.

Wah, meskipun terkenal dengan manfaatnya, Ladies harus tetap waspada nih dalam baik menggunakan ataupun mengkonsumsi lidah buaya.

Oleh: Marintan Widi Lestari

(vem/rsk)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading