Sukses

Beauty

Waspada Efek Samping Lavender

Ladies, tentu tidak asing lagi dengan bunga lavender bukan? Bunga berwarna ungu dan menimbulkan aroma wangi ini telah menjadi kecintaan banyak penyuka bunga. Selain keindahannya untuk dinikmati, bunga lavender juga terkenal akan manfaatnya sebagai tanaman obat.

Minyak bunga lavender telah lama digunakan dalam industry kosmetik juga pengobatan. Salah satu contoh penggunaan bunga lavender dalam manfaat pengobatan yang paling sering Ladies jumpai adalah penggunaan ekstrak lavender pada krim pengusir nyamuk. Namun, meskipun telah digunakan secara luas, ternyata menurut letsgohealthy.blogspot.com, minyak bunga lavender menyebabkan beberapa efek samping yang harus diwaspadai oleh Ladies.

1. Menurut sebuah jurnal terbitan New England Journal of Medicine pada tahun 2007 menjelaskan bahwa pemakaian minyak lavender pada anak – anak tidak dianjurkan. Gangguan hormonal yang mengakibatkan pertumbuhan dada yang tidak normal adalah efek samping yang mungkin timbul dari minyak bunga lavender.

2. Beberapa orang mengalami alergi terhadap bunga lavender. Oleh karena itu, penggunaan minyak bunga lavender pada orang – orang dengan alergi akan memicu alergi mereka kambuh.

3. Minyak bunga lavender dapat menyebabkan semakin lambatnya kerja syarat pusat dan mengakibatkan efek obat bius semakin keras. Oleh karena itu hindari penggunaan minyak bunga lavender sebelum operasi.

4. Beberapa orang melaporkan bahwa penggunaan minyak bunga lavender menyebabkan mereka sembelit atau susah buang air besar.

5. Waspada interaksi yang dapat terjadi antara bunga lavender dengan beberapa obat medis.

Meskipun wanginya harum, bukan berarti Ladies tidak perlu waspada ya.

Oleh: Marintan Widi Lestari

(vem/rsk)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading