Sukses

Beauty

Mengenal Si Merah dan Si Hijau

Hai Ladies, tentu sudah tidak asing lagi kan dengan tanaman sirih? Namun tahukah Ladies bahwa ternyata daun sirih yang biasanya Ladies ketahui berwarna hijau ini terbagi menjadi 2 jenis berbeda?

Yap, jika selama ini Ladies hanya familiar dengan sirih hijau dan seabrek manfaatnya bagi kesehatan tubuh, terutama bagi wanita, ternyata ada satu lagi jenis sirih yang tidak kalah bermanfaatnya loh.

Jenis sirih lain yang dimaksud disini adalah sirih merah. Nah, ingin tahu apa beda sirih hijau dan sirih merah? Lalu manfaat apa saja yang dihasilkan dari kedua tanaman ini? Simak artikel berikut ini.

Sirih merah

Mengutip dari artikel yang ditulis dan dilansir oleh sirihmerah-nur-blogspot.com, tanaman sirih merah adalah tanaman rambat dengan daun berbentuk menyerupai hati. Selain itu, ciri khas sirih merah adalah tanaman ini memiliki batang yang berbentuk bulat dengan warna hijau keunguan dan tidak memiliki bunga.

Berbicara tentang manfaat sirih merah, tanaman ini sejak lama dikenal sebagai tanaman obat yang memiliki banyak khasiat. Khasiat sirih merah antara lain dapat menyembuhkan bermacam – macam penyakit kronis seperti diabetes, kolesterol, hepatitis serta stroke. Nah, untuk mendapatkan manfaat terbaik dari sirih merah, Ladies hanya perlu meminum air rebusannya saja.

Sirih hijau

Ciri fisik sirih hijau tidak jauh berbeda dari sirih merah – sirih hijau yang juga termasuk tanaman rambat juga memiliki batang berbentuk bulat dan daun menyerupai bentuk hati. Namun, jika batang sirih merah berwarna keunguan, batang pada sirih hijau tidak.

Seperi yang ditulis oleh manfaatnyasehat.blogspot.com, sirih hijau memiliki banyak kandungan yang sangat bermanfaat bagi kesehatan. Kandungan – kandungan yang dimaksud antara lain adalah atsiri, fenil propana, estragol, kavicol, hidroksikavicol, kavibetol, caryophyllene, allylpyrokatekol, cineole. Dengan berbagai kandungan tersebut, manfaat sirih hijau meliputi obat untuk sakit gigi dan gusi bengkak, dapat mengatasi keputihan, mengatasi masalah bau mulut.

Semoga bermanfaat.

Oleh: Marintan Widi Lestari

(vem/rsk)
What's On Fimela
Loading