Sukses

Beauty

Kemangi, Si Daun Kecil Penuh Khasiat (I)

Daun kemangi banyak Ladies jumpai di sekitar pekarangan Anda dan banyak digunakan sebagai lalapan makanan atau penghias dan pemanis masakan-masakan tertentu. Tahukah Anda bahwa ternyata daun kemangi yang sering Ladies santap tersebut mengandung banyak khasiat yang berguna untuk menjaga kesehatan?

Seperti dikutip dari laman nutrition-and-you.com, beberapa daftar khasiat dari daun kemangi atau daun basil adalah sebagai berikut;

Pertama, daun kemangi diketahui mengandung banyak kandungan kimia yang terbukti dapat menghalau berbagai macam penyakit serta menjaga kesehatan tubuh Anda.

Kedua, daun kemangi mengandung segudang polyphenolic flavonoid yang bernama orienting dan vicenin. Kedua macam flavonoid ini telah diteliti dan diketahui bahwa keduanya mengandung proteksi anti-oksidan yang mampu melawan induksi radiasi peroksidasi lipid pada hati.

Khasiat ketiga adalah daun basil merupakan tanaman herbal yang memiliki kemampuan untuk mencegah bakteri dan peradangan. Pasalnya, daun kemangi mengandung banyak minyal esensial seperti eugenol, citronellol, linalool, citral, limonene, dan terpineol.

Berikutnya, daun kemangi mengandung hampir semua zat yang dibutuhkan oleh tubuh, yaitu berbagai macam nutrisi esensial, berbagai jenis vitamin dan mineral. Selain itu, tanaman yang mempunyai nama latin Ocimum basilicum ini terkenal dengan kalorinya yang rendah dan kadar kolesterolnya yang hampir nol persen.

Tak hanya itu, daun kemangi juga tinggi akan beta karotin, vitamin A, cryptoxanthin, lutein, dan zea-zanthin yang melindungi kulit dari radikal bebas sehingga proses penuaan dapat diperlambat.

Oleh: Pravianti Ayu Mirantiraras

(vem/rsk)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading