Sukses

Beauty

Budidaya Kunyit di Rumah

Kunyit adalah salah satu jenis tanaman rimpang yang banyak digunakan sebagai bumbu masak maupun ramuan obat. Ladies, kepopuleran kunyit di antara warga memang tak lepas dari manfaat kunyit yang tak sedikit tentu. Melihat banyaknya fungsi kunyit ini, tentu tak akan rugi jika anda mencoba untuk memelihara kunyit ini sendiri di rumah.

So, ladies, bagi anda yang tertarik untuk membudidayakan kunyit sendiri di rumah, berikut adalah beberapa cara yang dapat anda ikuti.

Hal pertama yang perlu anda lakukan untuk mulai bertanam kunyit adalah menyiapkan bibit yang akan ditanam. Dijelaskan dalam situs budidaya-petani.blogspot.com, bibit kunyit diperoleh dengan cara memecahkan rimpang kunyit yang sehat. Anda dapat memotong rimpang ini sepanjang 3-7 cm agar masing-masing potongan memiliki paling tidak 3 mata tunas.

Bibit yang telah siap kemudian anda semaikan hingga tumbuh tunas sepanjang 2-3 cm. Ladies, jika masih bingung bagaimana cara menyiapkan benih ini, sebaiknya anda langsung bertanya pada mereka yang telah berpengalaman, ya.

Sambil menunggu benih siap ditanam, anda dapat menyiapkan tempat untuk menanam. Berdasarkan situs yuzamri.blogspot.com, jenis tanah yang baik untuk menanam kunyit adalah jenis tanah gembur yang banyak mengandung zat organik. Untuk menggemburkan dan menyuburkan tanah, anda dapat memberikan pupuk kandang sebelum tanah ditanami.

Setelah siap, tanah ini dapat anda taruh pada pot, dan anda dapat mulai menanam kunyit ini dengan masing-masing satu bibit untuk setiap potnya, sesuai penjelasan di situs www.caramenanam.com.

Untuk pemeliharaannya, disarankan dalam situs tipspetani.blogspot.com agar anda memastikan pot tidak tergenang karena terlalu banyak air akan membuat rimpang membusuk. Selain itu, menurut situs www.caramenanam.com, anda juga perlu memastikan agar tanaman kunyit anda mendapat sinar matahari minimal 5-7 jam setiap hari.

Selamat bercocok tanam!

Oleh: Alfi

(vem/rsk)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading