Sukses

Beauty

Jenis-jenis Jamu Tukang Jamu Gendong (2)

Sudah membaca artikel bagian 1? Di bagian tersebut, Anda diajak untuk mengetahui empat jenis jamu pertaman dari delapan total jamu yang dibawa tukang jamu gendong. Empat jamu tersebut adalah beras kencur, cabe puyang, kudu laos, dan kunir asem. Nah Ladies, siap untuk bagian selanjutnya? Ini dia.

Menurut id.wikipedia.org, empat jamu berikut ini juga tidak kalah berkhasiatnya.

- Sinom: sebangsa kunir asem. Mulai dari manfaatnya yang mirip, yakni untuk melancarkan menstruasi dan menangkal radikal bebas. Jamu ini sama karena memang bahan pembuatannya yang sama, hanya saja diberi tambahan sinom. Bahkan beberapa pembuat jamu yang nakal hanya menambahkan gula pasir.

- Pahitan: seperti namanya, jamu ini rasanya pahit. Khasiatnya bagi beberapa tukang jamu adalah untuk gatal-gatal dan kencing manis, sedangkan untuk yang lainnya bisa untuk meringankan kolesterol, menambah nafsu makan, jerawat, pegal, dan pusing.

- Uyup-uyup/gepyokan: khasiat utama jamu ini adalah untuk meningkatkan produksi Air Susu Ibu (ASI) bagi ibu yang menyusui. Di samping itu, menurut jamutradisional-indonesia.blogspot.com, jamu ini berguna juga untuk menghilangkan bau badan dan mendinginkan perut.

- Kunci suruh: jamu ini khusus wanita karena berkhasiat untuk mengatasi keputihan, merapatkan Miss V, dan mengecilkan perut. Khasiatnya diambil dari suruh/sirih yang memang menjadi primadona urusan kewanitaan.

Sebenarnya Ladies, jenis jamu tidak hanya delapan ini saja, masih banyak lagi yang lainnya. Meski tukang jamu gendong tidak menyediakan di botol-botol jamunya, mereka menyediakan dalam bentuk serbuk untuk diseduh dengan air hangat.

Oleh: Kamilah

(vem/rsk)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading