Sukses

Beauty

Efek Samping Buah Mengkudu Sebagai Obat

Yang namanya obat apapun, jika dikonsumsi dalam jangka panjang atau dengan takaran yang sembarangan tentunya akan menimbulkan efek samping yang berarti bagi tubuh Anda. Termasuk buah ajaib yang bernama mengkudu. Di luar berbagai manfaatnya untuk kesehatan, buah pahit ini ternyata dapat menimbulkan beberapa efek samping yang serius seperti kegagalan kerja organ dalam tubuh. Berikut ini beberapa di antaranya dari webmd.com.

1. Kemungkinan keguguran dan potensi bahaya saat menyusui
Menurut sejarahnya, buah mengkudu memang digunakan untuk membuat wanita keguguran saat kehamilan yang tidak diinginkan terjadi, atau janin di dalam kandungan berpotensi membahayakan nyawa sang ibu. Oleh karena itu, buah mengkudu yang juga dikenal dengan nama buah noni ini tidak boleh dikonsumsi ibu hami. Untuk ibu yang menyusui, karena beberapa kemungkinan buah ini mempengaruhi kualitas ASI yang diberikan, sebaiknya juga dihindari.

2. Gangguan ginjal
Konsumsi makanan atau minuman yang mengandung zat potasium yang tinggi dapat mengakibatkan gangguan ginjal. Nah, kandungan potasium yang tinggi pada buah mengkudu dikhawatirkan dapat mengganggu kerja ginjal jika dikonsumsi selama dua minggu berturut-turut.

3. Kandungan zat yang beragam dalam buah mengkudu dikhawatirkan mampu mempengaruhi kinerja hati jadi semakin berat jika dikonsumsi dalam jangka panjang, misalnya lebih dari dua minggu.

Nah, Ladies, perhatikan betul ya penggunaan obat herbal buah mengkudu ini. Meskipun ini herbal alami, tetapi tentu saja ada efek sampingnya.

Oleh: Mazhi

(vem/rsk)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading