Sukses

Beauty

Iritasi Kulit Akibat Penggunaan Minyak Lavender dan Tea Tree

Banyak orang masih menganggap bahwa menggunakan obat-obatan herbal itu 100% aman dari efek samping. Hal ini tidak sepenuhnya benar lho, Ladies. Meskipun lebih sedikit, obat herbal memiliki kedudukan yang hampir sama dengan obat-obatan kimia dalam hal efek samping.

Adanya efek samping ini disebabkan oleh kenyataan bahwa sebenarnya apapun yang masuk ke dalam tubuh Anda semua memiliki efek sendiri-sendiri dalam tubuh Anda. Sebagian besar efek tersebut mungkin baik, namun ada pula efek-efek buruk dari hal-hal tersebut. Anda bisa mengambil contoh dari para penderita laktosa intoleran. Jika mereka mengkonsumsi keju dan susu, tubuh mereka akan bereaksi terhadap makanan tersebut.

Hal serupa juga terjadi pada penggunaan minyak yang terbuat dari lavender dan tea tree. Dikemukakan dalam laman online herbs.lovetoknow.com, minyak-minyak tersebut memiliki kandungan yang bisa memiliki peran sebagai anti jamur dan anti bakteri. Kandungan tersebut ternyata bisa menimbulkan iritasi pada kulit Anda lho, Ladies jika Anda menggunakannya secara berlebihan.

Oleh karena itu, sebelum menggunakan kedua jenis minyak tersebut, Anda perlu mengecek dahulu apakah Anda akan mengalami iritasi kulit karenanya atau tidak. Untuk melakukan pengecekan itu, Anda tidak perlu pergi ke dokter. Anda bisa melakukannya sendiri dengan mencoba minyak tersebut di salah satu bagian kulit Anda dan membiarkannya selama beberapa lama. Jika kulit tempat Anda mengoleskan minyak tersebut menjadi kemerahan, itu berarti Anda akan mengalami iritasi jika terus menggunakan minyak-minyak tersebut.

Oleh: Meilia Hardianti

(vem/rsk)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading