Sukses

Beauty

Ramuan Asli Cina: Wu Chi Pai Feng Wan

Yang namanya obat herbal tidak selalu dalam bentuk minuman atau ekstrak tanaman. Sup juga merupakan salah satu bentuk ramuan herbal. Anda pun pasti tahu banyak mengenai berbagai macam obat herbal dari Cina.

Di Cina ada semacam jamu bernama Wu Chi Pai Feng Wan. Jika diartikan secara bahasa berarti ayam hitam dan pil pheonix putih. Namanya cukup mengesankan bukan? Nah, Wu Chi Pai Feng Wan ini sebenarnya adalah sup yang digunakan sebagai makanan sekaligus obat.

Ayam hitam yang digunakan sebagai sup terbilang cukup unik. Ayam hitam ini sebenarnya juga punya warna lain, namun yang biasa dipilih adalah yang berbulu putih. Menurut Dharmananda (2005) dalam laman itmonline.org, ayam hitam ini biasa dimasak dengan tang-keui, peony, dan tanaman herbal lain untuk mengatasi tipe-kurang demam tinggi, atau dengan kacang gingko yang kecil dan benih lotus untuk mengatasi keputihan, keseringan buang air kecil yang ditandai dengan air seni yang keruh.

Kemudian muncullah Wu Chi Pai Feng Wan dalam bentuk pil dengan bahan herbal yang sangat banyak. Ayam dan tanaman herbal lainnya digiling bersama dan diekstrak dalam alkohol beras. Setelah menjadi bubuk diberi campuran bahan herbal kasar kemudian ditambah madu sehingga berbentuk pil. Cara pemakaiannya bisa dipotong kecil lalu dikunyah, atau jika pilnya terlalu kering harus direbus dahulu sebagai teh.

Karena mencari ayam hitamnya cukup sulit maka, keberadaan Wu Chi Pai Feng Wan versi pil akan membuat lebih banyak orang bisa mendapat manfaat kesehatan dari resep Cina kuno ini.

Oleh: Hening

(vem/rsk)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading