Sukses

Beauty

Wow Ternyata Kunyit Sangat Kaya Manfaat (3)

Siapa sangka kunyit yang biasanya digunakan sebagai bumbu masakan ternyata juga memiliki khasiat lain yang sangat bermanfaat di bidang kesehatan. Misalnya, seperti yang diulas pada artikel sebelumnya, kunyit dapat menyembuhkan iritasi kulit, memperlambat perkembangan penyakit multiple sclerosis, dan sebagainya. Selain itu, menurut herbs.lovetoknow.com, kunyit juga memiliki khasiat seperti berikut.

Memperlambat perkembangan penyakit Alzheimer
Ilmuwan telah menemukan sebuah fakta baru bahwa ternyata kunyit memberikan efek pada otak serta kemampuan untuk berpikir. Dr. Sally Frautschy yang mengemukakan penemuannya pada konferensi Alzheimers Society for Neuroscience menyatakan bahwa konsumsi kunyit dapat menurunkan risiko terjadinya penyakit yang menyerang otak seperti Alzheimer.

Peneliti yang penasaran dengan tingginya kasus Alzheimer di Amerika Serikat dibandingkan di India akhirnya menemukan jawaban atas rasa penasaran mereka. Masakan India yang banyak mengandung rempah-rempah termasuk kunyit menjadi alasan mengapa tingkat Alzheimer di India lebih rendah daripada di Amerika Serikat di mana kunyit jarang ada pada masakannya.

Membantu menyembuhkan peradangan
Sejak dahulu, kunyit telah digunakan di seluruh India untuk membantu menyembuhkan artritis, sebuah peradangan pada sendi, serta berbagai penyakit peradangan lainnya. Sekarang ini, ilmuwan modern menemukan bahwa kandungan curcumin pada kunyit ternyata mampu mengobati peradangan.

Kunyit mencegah pertumbuhan enzim Cox-2, sebuah senyawa kimia yang menyebabkan ternjadinya peradangan. Obat-obatan medis modern juga memiliki cara kerja yang sama seperti yang dilakukan kunyit. Bisa jadi suatu saat nanti kunyit dapat mengganti obat-obatan medis dengan obat yang lebih alami.

Oleh: Lies Nureni

(vem/rsk)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading