Sukses

Beauty

Efek Samping Bawang Putih

Ladies, meski bawang putih sudah sering digunakan untuk tanaman obat keluarga, namun penggunaan bawang putih seharusnya tetap diperhatikan. Hal ini karena selain dapat memberikan manfaat kesehatan, penggunaan bawang putih dengan salah justru dapat mengakibatkan efek samping yang justru membahayakan.

Berikut adalah beberapa efek samping yang mungkin didapat ketika mengkonsumsi bawang putih seperti yang telah dilansir oleh situs WebMD.com.

Salah satu efek samping yang Anda akan dapatkan ketika mengkonsumsi bawang putih, baik mentah ataupun masak adalah baunya yang sangat tidak enak. Tidak hanya itu, bawang putih yang Anda makan, terutama yang mentah, akan menyebabkan muntah, mual dan bahkan diare.

Untuk ibu hamil dan menyusui, bawang putih masih bisa dikonsumsi dengan aman dalam jumlah yang terbatas. Namun meskipun belum ditemukan efek sampingnya, sangat tidak disarankan untuk ibu hamil dan menyusui mengkonsumsi bawang putih dalam jumlah yang besar.

Selain itu, Anda juga harus berhati-hati jika memberikan bawang putih kepada buah hati Anda yang masih kecil. Meskipun sangat aman untuk dikonsumsi dalam jumlah sedikit, anak-anak yang mengkonsumsi bawang merah dengan jumlah besar dapat menyebabkan efek samping yang fatal. Jadi, sebaiknya hindari memberikan bawang putih kepada anak.

Bagi Anda yang baru saja menjalani operasi, Anda disarankan untuk menghindari bawang putih. Alasannya, bawang putih dapat menyebabkan pendarahan dalam waktu yang lama. Berikan waktu sekitar dua minggu sebelum Anda bisa mengkonsumsinya dengan aman kembali.

Oleh: Nicko Putra Witjatmoko

(vem/rsk)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading