Sukses

Beauty

Facts Tentang Kunyit Putih

Dear Ladies, jika selama ini fakta yang Ladies ketahui tentang kunyit kuning, Ladies akan tertarik mengetahui sederet fakta sehat tentang jenis kunyit lainnya yaitu kunyi putih. Tak kalah dengan teman satu spesiesnya yang berwarna kuning, kunyit putih membawa banyak manfaat bagi kesehatan loh.

Tanaman dengan nama latin Curcuma mango ini sangat bagus bagi kesehatan karena banyaknya kandungan didalam tanaman obat ini. Cubiclenewsandinfo.blogspot.com menyebutkan bahwa beberapa zat yang terkandung dalam kunyit putih antara lain adalah curcumin, saponin, resin, flavonoid, tianin dan beberapa lainnya. Oleh karena itumanfaat kunyit putih bagi kesehatan tidak diragukan lagi.

Salah satu manfaat kunyit putih yang ditemukan dalam penelitiah yang dipimpin oleh Dr. Retno Sudibyo adalah kemampuan kunyit putih menahan produksi protein penyebab kanker. Hal itu dilakukan kunyit putih dengan mengaktifkan ribosom.

Selain itu, kandungan minyak volatile yang terdiri dari curdione dan curcomol dalam kunyit putih memungkinkan tanaman obat ini membantu tubuh melawan serangan radikal bebas yang dapat menyebabkan pertumbuhan sel kanker. Terlebih lagi, kunyit putih juga dapat membantu mendorong produksi sel darah putih di dalam tubuh.

Yang perlu digaris bawahi dari penggunaan kunyit putih sebagai tanaman obat adalah efek samping yang disebabkan oleh tanaman ini pada ibu hamil. Seorang ibu hamil berisiko mengalami keguguran dengan mengkonsumsi kunyit putih, so konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter lebih lanjut tentang hal ini.

Oleh: Marintan Widi Lestari

(vem/rsk)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading