Sukses

Beauty

Efek Samping Teh Hitam

Ladies, banyak artikel telah mengulas beragam manfaat teh hitam sebagai salah satu tanaman obat bagi tubuh kita. Tetapi sayang, hanya sedikit yang menyertakan peringatan akan efek samping yang mungkin timbul dari konsumsi teh hitam secara berlebihan. Jika anda belum tahu, sebaiknya simak ulasan singkat berikut ini.

Seperti dilansir dari webmd.com, umumnya orang dewasa aman mengkonsumsi teh hitam dalam jumlah yang tidak berlebihan. Namun bila konsumsi teh hitam telah melebihi setidaknya lima cangkir per hari, jangan heran kalau teh hitam menunjukkan efek sampingnya.

Efek samping teh hitam berasal dari kandungan kafeinnya. Meskipun rata-rata kandungan kafein teh hitam tidak setinggi kandungan kafein dalam kopi, namun akumulasi kafein dari konsumsi teh hitam yang berlebihan dapat menyebabkan efek samping.

Ladies, efek samping konsumsi teh hitam yang berlebihan muncul mulai rentang pengaruh yang ringan hingga berat. Efek-efek samping ini meliputi: sakit kepala, gelisah, masalah tidur, muntah, diare, detak jantung tidak beraturan, tremor, pening, telinga mendengung, hingga kebingungan.

Konsumsi kafein berlebihan berpotensi menimbulkan kecanduan atau ketergantungan secara psikologis, khususnya pada orang-orang yang hanya menkonsumsi teh hitam atau minuman berkafein lainnya setiap saat, apalagi dalam jumlah yang besar.

Sayang sekali kan, jika manfaat luar biasa yang dikandung teh hitam menjadi tidak maksimal karena munculnya efek-efek samping ini. Oleh karena itu, ladies, selalu perhatikan konsumsi teh hitam anda dalam jumlah yang berlebihan. Tidak mau kan jadi sakit hanya karena kebanyakan nge-teh?

Oleh: Ayu Liskinasih

(vem/rsk)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading